
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Maslina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 11 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX.1, IX.2, IX.3, dan IX.4 SMP Negeri 11 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah IX.1 sebagai kelas eksperimen dan IX.3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan menggunakan tes pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data menggunakan anaisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata (mean), nilai per indikator, dan standar deviasi. Analisis inverensial menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui 3,504 lebih dari 1,673 maka H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 11 Tarakan.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematika
This research aimed to figure out the influence of ethnomathematical problem- based learning model on mathematical concept understanding of student at SMP Negeri 11 Tarakan. The study used a quasi-experimental research design with a posttest only grup design. The research population included all students at Grade IX.1, IX.2, IX.3, IX.4 of SMP Negeri 11 Tarakan. The research samples were the students from IX.1 as the experimental class and those from IX.3 as the control class. Data werw collected through the mathematical concept understanding test. The descriptive analysis included mean, value per indicator, and standard deviation. Meanwhile, the interferential analysis used the independent sample t- test. The research results showed that the resulted value of independent sample t- test analysis was 3.504 more than 1.673, so H0 was rejected. It meant that etnomathematical problem-based learning influenced mathematical concept understanding of student at SMP Negeri 11 Tarakan. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Ethnomathematics, Mathematical Concept Understanding