
Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Tampilan Produk, Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Aplikasi Online Shopee)
Pengarang : Mardewi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: Kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, tampilan produk, dan periklanan terhadap keputusan pembelian studi aplikasi online Shopee di Kota Tarakan. Dalam penelitian ini, ditunjukkan lima variabel bebas, yaitu kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, tampilan produk, dan periklanan. Sementara variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Dalam penelitian ini survei digunakan untuk mendapatkan data opini individu. Selain itu, metode pengumpulan data primer dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden individu. Penelitian survei yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keteranganketerangan secara faktual tanpa menyelidiki mengapa gejala-gejala tersebut ada. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Tahap pertama menguji validitas dan reliabilitas pertanyaan setiap variabel. Tahap kedua dengan menguji asumsi klasik, tahap ketiga dengan meregresi variabel kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, tampilan produk, dan periklanan terhadap keputusan pembelian studi aplikasi online Shopee di kota Tarakan dan menguji Hipotesis secara parsial (uji T) dan secara simultan (uji F). Dari hasil pengolahan data secara parsial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang pertama (X1) yaitu kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi online Shopee di kota Tarakan, variabel yang kedua (X2) yaitu kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi online Shopee di kota Tarakan, variabel yang ketiga (X3) yaitu kualitas informasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi online Shopee di kota Tarakan, variabel yang keempat (X4) yaitu tapilan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi online Shopee di kota Tarakan, variabel yang kelima (X5) yaitu periklanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi online Shopee di kota Tarakan. Hasil uji F dalam penelitian ini variabel bebas yaitu kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, tampilan produk dan periklanan berpengaruh secara simultan terhadap variabel Y yaitu keputusan pembelian studi aplikasi online Shopee di Kota Tarakan.
This study aims to determine the effect of: Trustiness, convenience, quality of information, product appearance, and advertising on Shopee online application on purchasing decisions study in Tarakan City. In this study, there are five independent variables, such as trustiness, convenience, information quality, product appearance and advertising. Meanwhile, dependent variable in this study is purchasing decisions. In this study, the survey was used to obtain individual opinion data. In addition, the primary data collection method is by giving questions to individual respondents. Survey research is the research which carried out to obtain facts from existing symptoms and look for factual information without investigating the reason why these symptoms exist. The analytical method in this study used multiple regression analysis. The first stage tested the validity and reliability of questions for each variable. The second stage was by testing the classical assumptions, the third stage was by regressing the variables of trustiness, convenience, quality of information, product appearance and advertising on Shopee online application purchase decision in Tarakan city and testing the Hypothesis partially (T test) and simultaneously (F test). From the results of partial data processing in this study, the researcher indicated that the first variable (X1) such as trustiness has a positive effect on purchasing decisions of Shopee online application users in the city of Tarakan, the second variable (X2) such as convenience has a positive effect on Shopee online application user purchasing decisions in Tarakan city, the third variable (X3) such as the quality of information has a positive effect on purchasing decisions of Shopee online application users in Tarakan city, the fourth variable (X4) such as the product has a positive effect on purchasing decisions of Shopee online application users in Tarakan, the fifth variable (X5) such as advertising has a positive influence on purchasing decisions of Shopee online application users in the city of Tarakan. The results of the F test in this study are independent variables, such as trustiness, convenience, quality of information, product appearance and learning tools give the effect simultaneously related to Y variable, namely the purchase decision of Shopee's online application study in Tarakan City.