Pengaruh Kepercayaan, Risiko, Dan Sikap Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Online | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kepercayaan, Risiko, Dan Sikap Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Online

Pengaruh Kepercayaan, Risiko, Dan Sikap Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Online

Pengarang : Indah Aulia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, risiko, dan sikap terhadap niat untuk bertransaksi online. Pendekatan teori yang digunakan penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior. Penelitian ini dilakukan di Kota Tarakan, dengan subjek penelitian adalah masyarakat kota Tarakan. Pengambilan sampel ini sebanyak 280 sampel dengan kriteria minimal umur 17 tahun keatas dan pernah melakukan transaksi secara online. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan instrument berupa kuesioner dan metode pengambilan sampel dengan non probability sampling, lebih spesifik purposive sampling. Uji validitas menggunakan konvergen dan diskriminan, dan uji relibilitas menggunakan composite reliability. Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap untuk bertransaksi online, risiko memberikan pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap niat untuk bertransaksi online, dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk bertransaksi online. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kepercayaan maka akan meningkatkan konsumen untuk melakukan transaksi secara online, walaupun masih ada risiko yang akan terjadi konsumen akan memeriksa rating dan reputasi pada toko agar meminimalisir terjadinya risiko dalam bertransaksi secara online.

This research aimed to figure out the influence of trust, risk, and attitude on intention to make online transaction. Planned Behavior Theory was used the research approach in this study. This research was conducted in Tarakan, with the research subjects of Tarakan people. 280 samples were obtained with the minimum age criteria of over 17 years old and had made online transactions. The research used a survey method with the research instruments in the form of questionnaires, while the samples were collected using non-probability sampling technique, more specifically purposive sampling technique. The convergent, discriminant, and reliability tests were used for test validity as well as composite reliability. The research results show that trust positively and significantly influenced attitude to make online transaction; risk positively yet did not significant influence intention to make online transaction, and attitude positively and significantly influenced intentions to make online transaction. These show that the higher the trust, the more consumers will make online transactions, although there are still risks. Thus, the consumers will check the stores' rating and reputation to minimize the risks in online transactions.

Detail Informasi