Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Pengguna Traveloka) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Pengguna Traveloka)

Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Pengguna Traveloka)

Pengarang : Putri Indah Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji pengaruh persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan terhadap niat beli dengan sikap sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan di Kota Tarakan. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM). Responden penelitian ini adalah masyarakat umum yang berada di Kota Tarakan yang sudah mengetahui aplikasi atau website Traveloka. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan instrument berupa kuesioner dan metode pengambilan sampel dengan nonprobability sampling. Uji validitas menggunakan convergent validity dan discriminant validity, dan uji reliabilitas menggunakan composite reliability. Berdasarkan analisis Partial Least Square (PLS 3.0), Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan dan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel sikap. Variabel sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik persepsi kegunaan dan kemudahan pada aplikasi atau website Traveloka bagi konsumen maka semakin tinggi keinginan konsumen dalam meggunakannya. Pada persepsi kegunaan dan kemudahan terhadap niat beli memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap niat beli, dimana sebagian konsumen melakukan transaksi pada traveloka dengan melihat reputasi, penilaian, dan ulasan yang diberikan oleh konsumen. Pada variabel persepsi kegunaan dan kemudahan terhadap niat beli yang dimediasi sikap memiliki pengaruh positif antar variabelnya.

This study aims to examine the effect of perceived usefulness and perceived ease of purchase intention with attitude as a mediating variable. This research was conducted in Tarakan City. The theoretical approach used in this research is the Technology Acceptance Model (TAM). The respondents of this research are the general public in Tarakan City who already know the Traveloka application or website. This study uses a survey method with the instrument in the form of a questionnaire and a sampling method with non-probability sampling. The validity test uses convergent validity and discriminant validity, and the reliability test uses composite reliability. Based on Partial Least Square (PLS 3.0) analysis, the results of this study indicate that the perceived usefulness and convenience variables have a positive and significant effect on the attitude variable. Attitude variable has a positive and significant effect on purchase intention. This shows that the better the perception of usability and convenience on the Traveloka application or website for consumers, the higher the consumer's desire to use it. The perception of usefulness and convenience on purchase intention has a positive and insignificant effect on purchase intention, where some consumers make transactions on Traveloka by looking at the reputation, ratings, and reviews given by consumers. On the variable of perceived usefulness and ease of purchase intention mediated by attitude has a positive influence between the variables.

Detail Informasi