
Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Online Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI Akuntansi 2 Di SMK Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Heriyanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar berbasis online mata pelajaran matematika siswa kelas XI Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Tarakan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah komponen dalam analisis data model Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, Menyusun data, dan mengambil kesimpulan untuk menganalisis data hasil penelitian. Hasil keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya siswa kelas XI Akuntansi mengalami kesulitan pada saat mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara subjek penelitian dan hasil belajar yang menurun dibandingkan dengan hasil belajar yang didapatkan pada saat masih menerapkan pembelajaran tatap muka di sekolah.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Berbasis Online, Deskripsi Hasil Kesulitan Belajar Online
This study aims to describe learning difficulties encountered by accounting XI students in learning online mathematics lessons at SMK Negeri 1 Tarakan. The research design was descriptive qualitative, and the population was all students accounting XI students at SMK Negeri 1 Tarakan. The researcher used purposive sampling as a sampling technique. Data collection techniques were observation, interviews and documentation. Furthermore, the researcher used the Miles and Huberman model as a data analysis technique by collecting data, reducing data, compiling data, and drawing conclusions to analyze research data. The research results showed that accounting XI students at SMK Negeri 1 Tarakan encounter difficulties in online learning. It was also supported from the effects of interviews with research subjects and learning chievement compared with learning achievement obtained when they were still implementing face-to-face learning (offline learning) at school. Keywords: Learning Difficulties, Learning Difficulties