
Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 023 Tarakan
Pengarang : Ramlah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 023 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 November s.d 10 Desember 2021. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independen) Media Pembelajaran dan variabel terikat (dependen) hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 023 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana melalui uji t diperoleh thitung sebesar 5,817 dengan signifikan 0,000 dan nilai ttabel pada taraf signifikan α= 0,05 dengan (df)=N-2=79-2=77 diperoleh sebesar 1,664 maka thitung 5,817> ttabel 1,664 dengan taraf signifikan 5% dengan thitung > ttabel maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Data hipotesis ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dikelas V SDN 023 Tarakan. Penggunaan media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa disekolah. Dimana penggunaan media pembelajaran membuat siswa merasa lebih cepat menangkap materi pembelajaran dan juga penggunaan media membuat siswa lebih fokus selama pembelajaran. Dilihat dari hasil belajar siswa, didapatkan bahwa nilai siswa tergolong tinggi. Berdasarkan hasil pengisian angket dan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar dikelas V SDN 023 Tarakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar
This study aimed to determine the effect of learning media on student learning outcomes in class V at SDN 023 Tarakan. This quantitative study used survey methods. This study was conducted from November 18 th to December 10 th, 2021. There were two variables in this study: the independent variable (independent) Learning Media and the dependent variable (dependent) learning outcomes. Questionnaires (questionnaires), observation, and documentation were used to collect the data. The results of this study showed that learning media had an impact on student learning outcomes in class V SDN 023 Tarakan. It is proven by the results of a simple linear regression analysis using the t-test, which obtained a t-observed of 5.817 with a significance of 0.000 and a score of t-table at a significant level = 0.05 with (df)=N-2=79-2=77 obtained by 1.664. With t observed > t table and a significant level of 5%, the null hypothesis (Ho) was rejected, and the alternative hypothesis (Ha) was accepted. This hypothesis data showed that learning media had an effect on student learning outcomes in class V at SDN 023 Tarakan. The use of learning media had significant impact on student learning outcomes in the classroom. Whereas the usage of learning media makes the students feel faster in comprehending the learning material, and more concentrated while studying. The students' scores were high based on student learning outcomes. Based on the results of questionnaires and student learning outcomes, it can be concluded that using learning media had an effect on learning outcomes in class V at SDN 023 Tarakan. Keywords: Learning Outcomes, Learning Media