
Pengembangan Media Big Book Tema 5 Pahlawanku Subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku Pada Siswa Kelas IV SDN 013 Tarakan
Pengarang : Zainal Trisna Alamsyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran big book dan mengetahui kelayakan yang ditinjau dari validasi ahli dan mengetahui ketertarikan siswa yang ditinjau dari angket respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada pembelajaran tematik tema 5 pahlawanku subtema 2 pahlawanku kebanggaanku pada siswa kelas IV SDN 013 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang bertujuan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut, dengan sepuluh langkah tahapan dalam pengembangan, yakni: studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan lebih luas, revisi uji coba lapangan lebih luas, uji lapangan menyeluruh, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni: lembar wawancara, angket validasi ahli, dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: pertama, berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, pada validasi ahli materi mencapai persentase 92,5%, dan validasi ahli media mencapai persentase 85% yang artinya media big book yang dikembangkan sangat layak, kedua berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan kepada siswa yaitu pada uji coba lapangan awal memperoleh hasil 78%, pada uji coba lapangan lebih luas memperoleh hasil 77,7%, dan pada uji lapangan menyeluruh memperoleh hasil 75,8% maka dapat diketahui peserta didik tertarik terhadap media yang dikembangkan.
Kata Kunci: Big book, Pengembangan, Siswa
This research aimed to develop big book learning media and figured out the feasibility when viewed from the expert validation and students' interests based on the students' response questionnaires to the developed learning media on theme 5 my hero, sub theme 2 my hero my pride for the Grade IV students at SDN 013 Tarakan. The research used Borg and Gall 's research and development method to create a product and examine the product effectiveness with ten development stages: preliminary research, research planning, initial product development, initial field trial, initial field trial result revision, more extensive field trial, more extensive field trial revision, comprehensive field test, final product completion, dissemination and implementation. This research used both descriptive-qualitative and descriptive-quantitative data analysis. The data collection instruments were interview sheets, expert validation questionnaires, and student response questionnaires. Based on the research results, it can be concluded that: first, based on the results validated by the material expert and media expert, the validation values respectively reached 92.5% and 85%, meaning that the developed big book media was highly feasible; second, based on the trial results conducted on students, the values of initial field trial, more extensive field trial, and comprehensive field test were respectively 78%, 77.7%,and 75.8%., meaning that the students were highly interested in the developed media. Keywords: Big Book, Development, Student