
Pengaruh Minat Belajar Selama Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA Di SMA Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Muhd. Herry - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar selama pembelajaran daring terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 2 Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa SMA Negeri 2 Tarakan kelas XII IPA. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS for windows untuk menganalisis data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori minat belajar selama pembelajaran daring siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 2 Tarakan dominan pada kategori sedang dengan persentase 70%. Hasil prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 2 Tarakan dominan pada kategori sangat rendah dengan persentase 40%. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa minat belajar selama pembelajaran daring memberikan kontribusi 10,6% terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 2 Tarakan. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar selama pembelajaran daring berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 2 Tarakan.
Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring
This research aimed to figure out the influence of learning interest during online learning on mathematical learning achievement of Grade XII science students SMA Negeri 2 Tarakan. This study was classified into a quantitative research type with a survey method. The population in this research was Grades XII Science Students at SMA Negeri 2 Tarakan. The research used a proportionate random sampling technique. The data were collected using questionnaires, interviews and documents. The data were then analyzed using SPSS for windows software. The results show that the learning interest during online learning of Grade XII science students at SMA Negeri 2 Tarakan was dominantly in medium category with the percentage of 70%. The results of mathematical learning achievement of Grade XII Science students at SMA Negeri 2 Tarakan were dominantly in very low category with the percentage of 40%. The determination coefficient analysis results show that learning interest during online learning contributed 10.6% to the mathematical learning achievement of Grade XII science students at SMA Negeri 2 Tarakan. Thus, it can be concluded that learning interest during online learning significantly influenced the mathematical learning achievement of Grade XII science students at SMA Negeri 2 Tarakan. Keywords: Learning Interest, Learning Achievement, Online Learning