Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII.9 SMPN 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas  VII.9 SMPN 1 Tarakan

Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII.9 SMPN 1 Tarakan

Pengarang : Monika - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa dalam bidang ejaan dan bidang sintaksis pada karangan deskripsi siswa kelas VII.9 SMPN 1 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, data dalam penelitianiini berupa kata, klausa dan kalimat pada karangan deskripsii siswai kelas VII.9i SMPN 1 Tarakan yang terdapat kesalahan berbahasa dalam penulisannya. Data diperoleh dengan cara mengambil arsip karangan deskripsi siswa kelas VII.9 SMPN 1 Tarakan tahun ajaran 2020-2021. Pada penelitian ini data dianalisis dengan teknik dasar BUL (Bagi Unsur Langsung) dan teknik lanjutan yaitu teknik lesap, teknik ganti, dan teknik sisip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan berbahasa pada karangan deskripsii siswai kelas VII.9i SMPN 1 Tarakan. Data yang diperoleh sebanyak 207 kasus kesalahan, diantaranya kesalahan penulisan huruf kapital berjumlah 73 kasus kesalahan, kesalahan penulisan ku-, kau-, -ku, -mu, dan -nya berjumlah 27 kasus kesalahan, kesalahan penulisan preposisi berjumlah 60 kasus kesalahan, kesalahan penulisan tanda baca berjumlah 25 kasus kesalahan, kesalahan penulisan lambang bilangan berjumlah 5 kasus kesalahan, penggunaan unsur yang berlebihan berjumlah 3 kasus kesalahan, penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan berjumlah 5 kasus kesalahan, penjamakan yang ganda berjumlah 5 kasus kesalahan, dan penggunaan konjungsi yang berlebihan berjumlah 4 kasus kesalahan. Kesalahan yang paling besar frekuensinya nya terjadi pada penulisan huruf kapital, dengan jumlah 73 kasus kesalahan hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami cara penulisan huruf kapital masuh kurang, dan kesalahan yang paling kecil frekuensinya terjadi pada penggunaan unsur yang berlebihan dengan jumlah 3 kasus kesalahan.

This research aimed to describe the form of language errors in the field of spelling and syntax in the descriptive compositions written by the Grade VII.9 students of SMPN 1 Tarakan. The study was considered as decriptive-qualitative research with the data in the form of words, clauses and sentences in the descriptive compositions written by the Grade VII.9 students of SMPN 1 Tarakan containing language errors in their writing compositions. The data were obtained from the descriptive compositions written by the Grade VII.9 students of SMPN 1 Tarakan in the academic year of 2020-2021. In this research, the data were analyzed using the basic Direct Element Sharing (DES) and further techniques, consisting of omission, substitution, and insertion techniques. The results showed that there were language errors in the descriptive compositions written by the Grade VII.9 students of SMPN 1 Tarakan. The results show that there were 207 errors, consisting of 73 capital letter writing errors, 27 writing errors on ku-, kau-, -ku, -mu, 60 preposition writting erros, 25 puncuation errors, 5 symbol writing errors, 3 excessive element use errors, 5 excessive superlative use errors, 5 double pluralization errors, and 4 excessive conjunction use errors. The errors with the gratest frequency occurred in writing the capital letters (73 errors), meaning that the students’ ability to understand how to write capital letters was still poor. Meanwhile, the smallest errors occurred in the excessive element use (3 errors).

Detail Informasi