
Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan Aplikasi Kipin School 4.0 Terhadap Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Pengarang : Siti Khomairoh - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik menggunakan aplikasi Kipin School 4.0 terhadap kemampuan peserta didik menyelesaikan soal-soal matematika Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tarakan dengan populasi penelitian ialah kelas XII MIPA tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh kelas XII MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan XII MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif terdiri dari rata-rata hitung dan standar deviasi. Sedangkan analisis inferensial terdiri dari uji regresi sederhana dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yaitu sebesar 47 untuk kelas eksperimen dan 34 untuk kelas kontrol dalam skala nilai 100. Berdasarkan uji t diperoleh nilai t_hitung lebih besar dari nilai t_tabel (t_hitung=2,57>t_tabel=2,004) yang berarti terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika HOTS antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang disebabkan oleh pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan aplikasi Kipin School 4.0. Selain itu, hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa nilai r_hitung lebih besar dari nilai r_tabel (r_hitung=0,329>r_tabel=0,260) dimana hal ini berarti terdapat pengaruh positif dari perlakuan yang diberikan terhadap kemampuan peserta didik menyelesaikan soal-soal matematika HOTS. Pengaruh yang diberikan ialah sebesar 10,8% dilihat dari nilai R-squared pada tabel ANAVA dan sisa 89,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Aplikasi Kipin School 4.0, HOTS
This research aimed to figure out the influence of scientific approach using the application of Kipin School 4.0 on the ability of students to complete the Higher Order Thinking Skills (HOTS)-based mathematical questions. The research was classified into a quasi-experimental research type with a Posttest Only Control Group research design. This research was conducted at SMA Negeri 1 Tarakan with the research population of Grade XII-Science students for the academic year 2021/2022. The samples were collected using a Simple Random Sampling technique. Grade XII-Science 4 was then selected as the control class, while Grade XII-Science 3 was the experimental class. The research data were collected using a test instrument. The data were then analyzed using descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis consisted of arithmetic mean and standard deviation. Meanwhile, the inferential analysis consisted of simple regression test and independent t-test. The result show that the average posttest value of experimental class (47) was better than that of control class (34) on the scale value of 100. Based on the t-test, the value of t-count was greater than that of t-table (t-count = 2.57 > t-table = 2.004), meaning that there was an ability difference between those in control class and in experimental class to complete the HOTS-based math problems since using the scientific learning approach equipped with the application of Kipin School 4.0. In addition, the result of simple regression test show that the value of r-count was greater than that of r-table (r-count =0.329 > r-table = 0.260), meaning that were a positive influence of the treatment given to the ability of students to complete the HOTS-based mathematical problems. The influence given was 10.8% as seen from the value of R-Squared in the ANOVA table, while the remaining 89.2% was influenced by the other factors exclude from the research variables. Keywords: Scientific Approach, Application of Kipin School 4.0, HOTS