Survei Psychological Well-Being (PWB) Selama Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Survei Psychological Well-Being (PWB) Selama Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Tana Tidung

Survei Psychological Well-Being (PWB) Selama Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Ade Erna Agustryanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran Psychological well-being peserta dididk selama proses pembelajaran daring di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Tana Tidung. Psychological well-being adalah segala usaha masing-masing individu dalam mewujudkan tujuan dalam hidupnya yang melibatkan proses pikiran serta perasaan dan mampu mengendalikan perasaanya sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 485 peserta didik. Peneliliti menggunakan skala Psychological well-being. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 128 peserta didik yang di ambil menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data adalah teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Psychological well-being peserta didik Sekolah Menengah Atas Kabupaten Tana Tidung mencapai 59,4% (Rendah), artinya Psychological well-being peserta didik Sekolah Menengah Atas Kabupaten Tana Tidung belum mampu menyesuaikan diri dengan pembelajaran daring, belum mampu memahami diri, belum menerima diri, tidak memiliki sikap optimis, tidak mampu menjalani komunikasi yang baik, belum mampu beradaptasi terhadap lingkungan, tidak dapat mempercayai orang lain, belum mampu mengevaluasi diri, tidak dapat menjadi pribadi mandiri, tidak dapat menciptakan dan mengontrol lingkungan, tidak memiliki tujuan hidup, belum mampu memaknai hidup dan belum mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kata Kunci: Peserta Didik, Psychological Well-Being

This study aimed to determine the students' Psychological Well-Being during the learning process in the Senior High School of Tana Tidung Regency. Psychological Well-Being is the maximum effort of each individual in realizing his life goals involving the processes of thought and feelings, and also the ability to control the feelings themselves. This research employed a quantitative approach using descriptive surveys. The population was 485 students and 128 students were selected as the samples through random sampling. This study applied the Psychological Well-Being scale and the data analysis technique used descriptive statistics. The results showed that Psychological Well-Being reached 59.4%(low), meaning that students have not yet been able to adapt to online learning, have self- understanding, increase self-acceptance, bear an optimistic attitude, undergo good communication, adapt to the environment, trust others, have self-development, improve self-independence, create and control the environment, draw life purposes, interpret life, and become a better person. Keywords: Students, Psychological Well-Being

Detail Informasi