Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Animasi Materi Puisi Di Kelas X SMK Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Animasi Materi Puisi Di Kelas X SMK Negeri 1 Tarakan

Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Animasi Materi Puisi Di Kelas X SMK Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Normansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa animasi dan untuk mengetahui keefektifan media dan model penelitian yang dimodifikasi oleh Borg and Gall. Tahapan pengembangan (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif persentase dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari hasil validasi bahasa sebesar 80% dengan kualifikasi baik, hasil validasi media 95% dengan kualifikasi sangat baik, hasil validasi materi 82,5% dengan kualifikasi baik dan hasil uji coba soal 79,2% dengan kualifikasi baik. Hasil perhitungan diperoleh pada α = 10% dengan dk = 22-1 = 21 diperoleh t tabel = 2,080. Didapat t hitung = 3,368. Karena t hitung ≥ t tabel maka hipotesis (Ha) diterima. Kesimpulannya.

This study aimed to create learning products in the form of animation and to evaluate the effectiveness of the media and research models modified by Borg and Gall. The developmental stages consisted od (1) potential and issues, (2) information collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design improvement, (6) product testing, and (7) product revision. The data analysis was done by descriptive percentage and inferential analysis. The result showed that the developed media met the feasibility criteria. This statement was supported by the result of 80 % of language validation, categorized as good 95% of media validation which categorized as good, 82,5% of material validation categorized as good, and 79,2 % of test validation categorized as good. In conclusion, the calculation result obtained at 10% with dk 22-1 = 21 obtained t-table 2.080. Obtained t arithmetic = 3.368. Because of t-test ≥ t-table so the hypothesis (Ha) was accepted.

Detail Informasi