Analisis Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Mata Pelajaran Biologi Di SMA/MA Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Mata Pelajaran Biologi Di SMA/MA Kota Tarakan

Analisis Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Mata Pelajaran Biologi Di SMA/MA Kota Tarakan

Pengarang : Nuraini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat dan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran dalam jaringan (daring) mata pelajaran biologi di SMA/MA Kota Tarakan. Jenis penelitian adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa SMA Muhammadiyah Bording School Tarakan yang berjumlah 58 siswa dan Madrasah Aliyah Negeri Tarakan yang berjumlah 55 siswa dan guru mata pelajaran biologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket secara offline dan online dengan dua kali pengulangan, wawancara guru, dan observasi pada saat pembelajaran. Data dianalisis secara kualitatif dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan yang dianalisis pada materi ruang lingkup biologi termasuk pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 65.51 % dengan frekuensi 58 siswa. Sedangkan minat belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Tarakan yang dianalisis pada materi ruang lingkup biologi termasuk pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 70.90% dengan frekuensi 55 siswa. Sedangkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan yang dianalisis pada materi ruang lingkup biologi termasuk pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 74.13% dengan frekuensi 58 siswa. Motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Tarakan termasuk pada kategori sedang nilai persentase sebesar 78.18 % dengan frekuensi 55 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar siswa dengan dua kali pengulangan termasuk pada kategori sedang.

This study aims to analyze interest and motivation in the online learning process for biology subjects in senior high schools (SMA/MA) in Tarakan city. This is survey research applying a qualitative approach. The subjects were the tenth-grade students in SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan, with 58 students, and those in Madrasah Aliyah Negeri Tarakan, with 55 student and their teacher as well. The data was collected by distributing offline and online questionnaires with two repetitions, teacher interviews, and observations during learning. The data were quntitatively analyzed and described. The result showed that the learning interest among the students in the two schools wa similary in the medium category, with a slightly different percetage of 65.51% for their learning motivation scores, wich similarly fall in the medium category. Once again, they have a bit different in their value; 74.13% for the former, and 78.18% for the latter. Thus, it can be cocluded that the student's interest and motivation in the two schools are at the medium level.

Detail Informasi