
Pengembangan Media Pembelajaran Board Game “Bio-Arena” Pada Materi Pemanasan Global Kelas VII Di SMP Negeri 6 Tarakan
Pengarang : Wulinda Lau - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas media pembelajaran board game “BIO-arena” pada materi Pemanasan Global kelas VII di SMP Negeri 6 Tarakan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi hanya sampai 5 tahap yaitu: 1) Penelitian dan Pengumpulan Data Awal, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Produk Awal, 4) Uji Coba Lapangan Awal lalu berlanjut pada tahap 5) Revisi Produk Akhir. Dengan subjek penelitian yaitu 9 siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Tarakan yang telah mengampuh materi pemanasan global. Media dinilai sangat berkualitas oleh ahli materi dengan perolehan persentase sebesar 88%. Dinilai berkualitas oleh ahli media dengan perolehan persentase sebesar 79%. Adapun oleh guru bidang studi dinilai sangat berkualitas dengan perolehan persentase sebesar 94% serta respon siswa terhadap media pada uji coba lapangan awal yaitu baik dengan perolehan persentase sebesar 79%. Dari hasil analisis data secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran board game “BIO-arena” merupakan media pembelajaran yang sangat berkualitas digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas pada materi pemanasan global.
This research aimed to develop and analyze the quality of "BIO-arena" board game learning media on Global Warming materials for Grade VII of SMP Negeri 6 Tarakan. The research used R&D (Research and Development) referring to the model developed by Borg and Gall (1983) and modified into 5 stages: 1) Research and Initial Data Collection, 2) Planning, 3) Initial Product Development, 4) Initial Field Trial , and 5) Final Product Revision. The research subjects were 9 Grade VII students of SMP Negeri 6 Tarakan effectively takıng the global warming materials The media was considered by material expert having a very high quality with the percentage of 88% and by media expert with the percentage of 79% Meanwhile, the teacher in charge in the re lated field of study was considered highly qualified with the percentage of 94% and the students' responses to the media in the initial field tral was considered good with the percentage of 79% From the results of data analysis, it can be simultenously concluded that "BIO-arena" board game learming media was considered having a very high quality to support the learning activities in the classroom, especially on global warming materials