Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Rahmat Hidayat - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mengetahui 1) pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika, 2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, 3) pengaruh kecerdasan logis matematis dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan, dan untuk mendeskripsikan 4) besar pengaruh kecerdasan logis matematis, 5) besar pengaruh minat belajar, 6) besar pengaruh kecerdasanlogis matematis dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah kelas IX. Sampel penelitian diambil dengan teknik Proporsional Random Sampling dan diperoleh 84 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistika deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa, 2) terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dan 3) terdapat pengaruh secara simultan antara kecerdasan logis matematis dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan dengan persamaan regresi Y = 1,334 + 0,556X1 + 0,283X2, 4) kecerdasan logis matematis siswa berada pada kategori rendah dengan persentase siswa sebesar 42,86% dan hasil belajar matematika dipengaruhi oleh variabel kecerdasan logis matematis yaitu sebesar 52,5%, 5) minat belajar siswa berada pada kategori rendah dengan persentase siswa sebesar 45,24% dan hasil belajar matematika dipengaruhi oleh variabel minat belajar sebesar 18,8%, 6) hasil belajar matematika siswa berada pada kategori rendah dengan persentase siswa sebesar 36,90% dan hasil belajar matematika dipengaruhi oleh variabel kecerdasan logis matematis dan minat belajar secara bersama-sama yaitu sebesar 56,9%.

Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika

This research aims to:find out 1) the influence of mathematical logical intelligence on mathematics learning outcomes, 2) the effect of learning interest on mathematics learning outcomes, 3) the influence of mathematical logical intelligence and mathematical learning interest on the results of mathematics learning in ninth grade students of SMP Negeri 10 Tarakan and to describe 4) the influence of mathematical logical intelligence, 5) the magnitude of the influence of interest in learning, 6) the influence of mathematical logical intelligence and interest in learning on mathematics learning outcomes. The type of research used is quantitative research with an associative approach. The population of this study is class IX. The research sample was taken by Proportional Random Sampling technique and obtained 84 students. Data collection techniques in this study were conducted using tests, questionnaires, and documentation. Data were analyzed using descriptive statistical methods, simple linear regression analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that 1) there was the influence of mathematical logical intelligence on students 'mathematics learning outcomes, 2) there was an effect of learning interest on students' mathematics learning outcomes, and 3) there was a simultaneous influence between mathematical logical intelligence and interest in learning towards mathematics learning outcomes ninth grade students of SMP Negeri 10 Tarakan with a regression equation ? = 1.334 + 0.556X_1 + 0.283X_2, 4) Mathematical logical intelligence of students is in the low category with the percentage of students at 42.86% and mathematics learning outcomes influenced by mathematical logical intelligence of 52.5 %, 5) students' interest in learning is in the low category with the percentage of students at 45.24% and mathematics learning outcomes influenced by variables of learning interest by 18.8%, 6) mathematics learning outcomes of students in the low category with a percentage of 36 students 90% and mathematics learning outcomes are influenced by mathematical logical intelligence variables and interest in learning together that is equal to 56.9%. Keywords: Mathematical Logical Intelligence, Learning Interest, Mathematics Learning Outcomes

Detail Informasi