
Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Matematika SMA Dengan Konteks Kehidupan Tanjung Palas
Pengarang : Siti Julaiha - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tes yang menuntut proses berpikir tingkat tinggi masih sangat kurang. Salah satu faktor penyebabnya adalah peserta didik kurang terlatih dalam menyelesaikan tes yang mengukur HOTS. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) menyusun konstruk instrumen tes HOTS matematika SMA dengan konteks kehidupan Tanjung Palas, 2) mengembangkan instrumen tes HOTS matematika SMA dengan stimulus berupa konteks kehidupan masyarakat Tanjung Palas, dan 3) menganalisis kualitas butir tes HOTS yang dikembangkan ditinjau dari validitas, reliabilitas, dan karakteristik butir tes. Model penelitian yang digunakan adalah Design and Development (D&D) dalam bidang psikometri dengan tahap-tahap mengacu pada model pengembangan instrumen yang dikembangkan oleh Oriondo dan Antonio. Instrumen tes HOTS yang dikembangkan terdiri dari konstruk instrumen, kisi-kisi, kartu soal, butir tes, kunci jawaban, pedoman penskoran, dan pembahasan. Instrumen tes HOTS yang dikembangkan berupa Two Tier Multiple Choice (TTMC) sebanyak 7 butir. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 1 Tanjung Palas tahun pelajaran 2021/2022. Data skor peserta tes yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan teori respon butir menggunakan Graded Response Model (GRM) 2-Parameter Logistic (PL) menggunaan bantuan program R. Semua butir tes memiliki bukti validitas isi dengan indeks V_Hitung melebihi V_Tabel(0,75), yaitu 0,850–0,979. Koefisien reliabilitas diestimasi berdasakan pendekatan teori respon butir, yaitu fungsi informasi tes. Fungsi informasi tes HOTS yang dikembangkan secara keseluruhan memberikan informasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kesalahan pengukurannya dengan titik perpotongan berada pada rentang kemampuan -5,20 sampai +3,30. Tingkat kesulitan butir terletak antara –4,848 sampai dengan 5,097 dengan rata-rata 0,0136 dan indeks daya pembeda butir terletak antara –0,658 sampai dengan 3,993. Instrumen tes HOTS yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengukur HOTS peserta didik pada materi program linear dan dijadikan informasi bagi para guru/calon guru tentang cara mengembangkan instrumen tes HOTS matematika SMA dengan konteks kehidupan Tanjung Palas.
Kata Kunci: GRM, HOTS, Politomus, Program R, Teori Respon Butir
The ability of students to complete tests requiring higher-order thinking processes is still very poor. One contributing factor was less-trained students in completing tests measuring HOTS. The purpose of this research was to develop the construct of mathematical HOTS test instruments at Senior High Schools with the context of Tanjung Palas life and to analyze the quality of HOTS test items developed based on test-item validity, reliability, and characteristics. The research used Design and Development (D&D) in psychometrics with the stages referring to the instrument development model proposed by Oriondo and Antonio. The developed HOTS test instruments consisted of instrument constructs, outlines, question cards, test items, answer keys, scoring guidelines, and discussion. The developed HOTS test instruments were in the form of Two-Tier Multiple Choice (TTMC) in 7 items. The test subjects in this research were Grade XI and Grade XII students of SMA Negeri 1 Tanjung Palas in the Academic Year of 2021/2022. The obtained test takers’ score data were analyzed using the item-response theory approach with the Graded Response Model (GRM) 2-Parameter Logistic (PL) using the R program. All test items proved that content validity with the index of Vcount (0.850-0.979) was more than Vtable (0.75). The reliability coefficient was estimated based on the item response theory approach as test information function. The developed HOTS test information function simultaneously provided higher information than the measurement errors with the intersection point at the ability range of -5.20 to +3.30. the item difficulty level was between -4.848 to 5.097 with the average of 0.0136 and the item discriminatory index of between -0.658 to 3.993. the resulted HOTS test instruments could be used to measure the students’ HOTS on linear programming materials an as information for teachers of prospective teachers to develop the mathematical HOTS test instruments at Senior High Schools with the context of Tanjung Palas life.