Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-MIA SMA Muhammadiyah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-MIA SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-MIA SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengarang : Muh. Iqbal - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI-MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI-MIA pada semester ganjil tahun pembelajaran 2021/2022 di SMA Muhammadiyah Tarakan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan angket kecerdasan emosional dan dokumentasi nilai rapor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa yang diambil mengunakan teknik proportionate random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI-MIA SMA Muhammadiyah Tarakan, dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Y ̂=68,330+0,243 X. Berdasarkan analisis hasil uji t, diperoleh nilai t_itung sebesar 2,666 dan nilai sig 0,000 pada taraf signifikansi = 5% pada t_Hitung sebesar 2,666 ≥ t_tabel sebesar 1,98525 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI-MIA SMA Muhammadiyah Tarakan.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Matematika

This research aimed to figure out the influence of emotional intelligence on mathematical learning achievement of Grade XI-MIA students of SMA Muhammadiyah Tarakan. The study was classified into quantitative research with a survey method conducted on Grade XI-MIA students of SMA Muhammadiyah Tarakan in the odd semester of academic year 2021/2022. The data were collected using questionnaire of emotional intelligence and documentation of report score. The research population was all Grade XI-MIA students of SMA Muhammadiyah Tarakan. The research samples were 96 students collected using a proportionate random sampling technique. The results show that emotional intelligence influenced mathematical learning achievement of Grade XI-MIA students of SMA Muhammadiyah Tarakan, with the regression equation of Y = 68,330+0,243X. Based on the t-test analysis results, the value of t-count was 2,666 with the significance value of 0,000. At the significance value of 5%, t-count value 0f 2,666 and t-table of 1,98252, H_0was rejected, while H_1 was accepted. Thus, it can be concluded that emotional intelligence significantly influenced mathematical learning achievement of Grade XI-MIA students of SMA Muhammadiyah Tarakan. Keywords: Emotional Intelligence, Mathematical Learning Achievement

Detail Informasi