
Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Quality Function Deployment (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan)
Pengarang : Nira Anggreani Dharma - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Perdagangan bebas dan globalisasi menuntut adanya percepatan pembangunan, hal ini berakibat pada besarnya peran kesehatan penduduk untuk mendukungnya. RSUD Tarakan yang bergerak dalam bidang jasa kesehatan, harus dapat menghasilkan produk jasa yang memenuhi keinginan dan harapan konsumen. Salah satu kunci yang dibutuhkan adalah dengan merancang produk jasa sesuai dengan harapan dan keinginan konsumen. Untuk menyelesaikan masalah ini, digunakan metodologi Quality Function Deployment (QFD). Metode ini dipilih karena voice of customer dipakai sebagai dasar dari perancangan jasa yang ditawarkan. Pada hasil analisis tingkat kepentingan, Semua atribut dalam kuesioner tingkat kepentingan mendapatkan score 5 atau dianggap sangat penting bagi peningkatan kualitas jasa pelayanan RSUD Tarakan. Sedangkan dari hasil rata- rata mean dimensi kualitas jasa pelayanan dapat diketahui bahwa tangible dianggap paling penting oleh para responden karena memiliki tingkat kepentingan paling tinggi. Pada hasil tingkat kinerja kualitas pelayanan RSUD Tarakan hampir semua kriteria dimensi kualitas dinilai puas oleh pasien
Free trade and globalization requires the acceleration of development, this led to the huge role played by the health of the population to support them. Tarakan Hospital that running in health services, should be able to create products and services that fulfill expectations of consumers. Important key requirement is to design the product and services in line with expectations and consumers needs. To resolve this problem, need to use the methodology of Quality Function Deployment (QFD). This method was chosen because the voice of the customer is used as the basic of design services offered. On the results of interest rate analysis, all the attributes in the level of interest questionnaire achieved a score of 5 or considered to be very important for improving the quality of services Tarakan Hospital. While the results of the average mean dimension of service quality can be seen that the tangible considered most important by respondents as having the highest level of importance. On the results of the performance level of service quality criteria Tarakan Hospital almost all dimensions of quality rated satisfied by the patients.