Analisis Diksi Dan Makna Bahasa Iklan Layanan Masyarakat (Kajian Pragmatik) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Diksi Dan Makna Bahasa Iklan Layanan Masyarakat (Kajian Pragmatik)

Analisis Diksi Dan Makna Bahasa Iklan Layanan Masyarakat (Kajian Pragmatik)

Pengarang : Ade Fitriya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diksi serta makna dalam iklan layanan masyarakat pada bidang pragmatik. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa diksi dan makna pada spanduk iklan layanan masyarakat yang terpajang di jalan raya dan bangunan khususnya di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, yang terdapat pada jalan Yos Sudarso, jalan Mulawarman, jalan Jendral Sudirman, dan jalan Pulau Sumatra. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, klasifikasi data dan analisis data terdapat 35 data yang akan dianalisis berupa diksi dan makna. Diksi yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat yang diteliti yaitu terdapat 8 diksi denotasi, 21 diksi konotasi, 2 diksi umum, dan 3 diksi khusus, sedangkan makna yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat terdiri dari 2 makna deklaratif, 4 makna ekspresif, 24 makna direktif, dan 4 makna komisif menggunakan kajian pragmatik yang terdapat dalam sebuah iklan layanan masyarakat. Penyebab diksi dan makna tersebut terjadi akibat dari pengaruh lingkungan sosial.

This research aimed to figure our the dictions and meanings contained in public service advertisements based on a pragmatic study. The research was classified into a descriptive-qualitative research study. The research data sources were in the form of dictions and meanings contained in the public service advertising banners displayed on roads and buildings in Tarakan, North Kalimantan, especially those located at Jl. Yos Sudarso, Jl. Mulawarman, Jl. Jendral Sudirman, and Jl. Pulau Sumatra. This research used observation and documentation techniques. Based on the research result on data classification and analysis, there were 35 data to analyze in the form of dictions and meanings. Meanwhile, the meaning contained in the related public service advertisements consisted of 2 declarative meanings, 4 expressive meanings, 24 directive meanings, and 4 commisive meanings. Those dictions and meanings occurred since influenced by the social environment. The social environment which consists of ordinary people who do not know much about the meaning of the language of the public service advertisement because there are some uses of the meaning of the language that are not appropriate or inappropriate so that this analysis can make it easier for the public to understand the advertisement.

Detail Informasi