Hubungan Antara Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2020/2021 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2020/2021

Hubungan Antara Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2020/2021

Pengarang : Arifudin Surya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penerimaan peserta didik baru sistem zonasi dengan prestasi belajar matematika siswa di kelas X SMA Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X semerter genap tahun pembelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Tarakan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket penerimaan peserta didik baru sistem zonasi dan dokumentasi nilai PAS (Penilaian Akhir Semester). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2020/2021 yang diterima melalui penerimaan peserta didik baru sistem zonasi. Sampel dalam penelitain ini sebanyak 161 siswa yang diambil menggunakan teknik proportionate random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penerimaan peserta didik baru sistem zonasi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tarakan. Berdasarkan hasil perhitungan analisis Product Moment, diketahui bahwa terdapat hubungan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tarakan berada pada taraf cukup.

Kata Kunci: Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi, Prestasi Belajar Matematika

This research aimed to figure out whether there is a relationship between new-student admission through zonation system and mathematical learning achievement of Grade X students at SMA Negeri 1 Tarakan. The research used a survey study. This research was conducted on Grade X students in the even semester of Academic Year of 2020/2021 at SMA Negeri 1 Tarakan. The data were collected using questionnaires of new-student admission through zonation system and documentation of Final Semester Assessment scores (known as PAS), The research population was all Grade X students in the Academic Year of 2020/2021 admitted as new students through zonation system. The research samples were 161 students collected using a proportionate random sampling technique. The results show that there was a relationship between new-student admission through zonation system and mathematical learning achievement of Grade X students at SMA Negeri 1 Tarakan, Based on the results of Product Moment analysis calculation, it shows that there was a relationship between new-student admission through zonation system and mathematical learning achievement of Grade X students at SMA Negeri 1 Tarakan at medium level. Keywords: New-Student Admission With Zonation System, Mathematical Learning Achievement

Detail Informasi