Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 021 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 021 Tarakan

Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 021 Tarakan

Pengarang : Khoirin Nisa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah dalam penerapan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat guna meningkatkan mutu pendidikan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, pengawas sekolah, komite sekolah, guru bidang humas, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian in yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SDN 021 Tarakan menerapakan peran manajerial dalam penerapan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat yaitu: (1) Proses perencanaan dengan merumuskan program, tujuan dan menetapkan strategi melalui visi, misi dan rencana kerja sekolah mengenai program kehumasan.; (2) Proses pengorganisasian dengan memilih orang-orang yang berkompeten, melakukan pembagian tugas dan memberi tanggung jawab; (3) Proses menggerakkan dengan mengarahkan seluruh stakeholder terkait untuk menjalankan tugasnya guna menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat ; (4) Proses mengontrol dengan melakukan pengawasan terhadap kegiatan kehumasan dan evaluasi pencapaian. Adapun upaya yang dilakukan dalam penerapan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat dapat berjalan dengan baik yaitu (1) Melakukan pelatihan manajerial; (2) Melakukan studi banding kesekolah lain.

Kata Kunci: Peran Manajerial Kepala Sekolah, Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat, SDN 021 Tarakan

This study aims to describe the managerial role of school principals in the application of school and community relationship management in order to improve the quality of education. This type of research uses descriptive qualitative research. The sources of data in this study are primary data and secondary data with informants namely school principals, school supervisors, school committees, public relations teachers, and the community. Data collection techniques used in this study are observation, interviews and document studies. Data analysis techniques through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the principal of SDN 021 Tarakan implemented a managerial role in the implementation of school and community relationship management, namely: (1) The planning process by formulating programs, goals and setting strategies through the school's vision, mission and work plans regarding the public relations program; (2) the process of organizing by selecting competent people, dividing tasks and assigning responsibilities; (3) The process of mobilizing by directing all relevant stakeholders to carry out their duties in order to create good relations with the community; (4) The process of controlling by supervising public relations activities and evaluation of achievements. The efforts made in the implementation of school and community relationship management can run well, namely (1) Conducting managerial training; (2) Conduct comparative studies with other schools. Keywords: Principal Managerial Role, Implementation of School and Community Relations Management, SDN 021 Tarakan

Detail Informasi