
Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Siswa Sekolah Dasar
Pengarang : Ritawati Abu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dan mengetahui kelayakan, tingkat ketertarikan guru, dan tingkat ketertarikan siswa terhadap e-modul pembelajaran yang telah dikembangkan pada pembelajaran tematik tema 4 subtema 1 Berbagai Pekerjaan dan Jenis-Jenis Pekerjaan pada kelas IV SD Negeri 009 Tanjung Palas Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan produk dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan 4D menurut Thiagarajan dalam Mulyatiningsih (2013) yang terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, lembar angket validasi, lembar angket respon guru, lembar angket respon siswa, dan dokumentasi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 85,7%, ahli materi sebesar 86%, respon guru sebesar 83,3%, respon siswa sebesar 87,6%. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa e-modul sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil respon guru mengenai e-modul menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan e-modul sangat tertarik dan respon siswa mengenai e-modul menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan siswa sangat tertarik.
Kata Kunci: E-Modul Berbasis Literasi, Pembelajaran Literasi, 4D
This research aimed to develop e-module and figure out the feasibility, teacher's interest rate, and student's interest rate on e-learning modules developed in the thematic learning theme 4 sub theme 1 Various Jobs and Occupational Types at Grade IV of SD Negeri 009 East Tanjung Palas. This research was classified into research and development (R&D) type to create products with the research and development model, namely 4D research and development model proposed by Thiagarajan in Mulyatiningsih (2013) consisting of 4 stages: definition), planning, development, and dissemination. The data were collected using interviews, validated questionnaire sheets, teacher response questionnaire sheets, student response questionnaire sheets, and documentation. The validation results were obtained from media expert at 85.7%, material expert at 86%, teacher's responses at 83.3%, and student's responses at 87.6%. The validation results from media and material experts show that the e-module is greatly feasible to use in learning processes. The results of teacher's responses on e-module show that the teacher's interest rate on -module was highly interested and the student's responses on e-module shows that the student's interest rate was also highly interested. Keywords: Literacy-Based E-Module, Literacy Learning, 4D