
Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Tana Tidung (Studi Kasus : Kantor Desa Tanah Merah)
Pengarang : Kiki Meilani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengetahui kualitas pelayanan publik pada kantor Desa Tanah Merah Kabupaten Tana Tidung yang diukur berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan hasil desain dalam bentuk angka. Penelitian ini dilakukakan di Desa Tanah Merah Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung terkusus nya di Kantor Desa Tanah Merah. Adapun teknik sampel yang digunakan ialah teknik sampel random sampling (secara acak) dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, kuensioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) untuk pelayanan Kantor Desa Tanah Merah adalah 2,82 dengan angka konversi sebesar 70,4. Maka kinerja kualitas pelayanan publik berada dalam kategori mutu pelayanan Kurang baik. Hasil dari 9 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat dengan nilai antara 0-100, adalah sebagai berikut : (1) Persyaratan Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 75 dengan kategori Kurang Baik. (2) Prosedur Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 74,75 dengan kategori Kurang Baik. (3) Waktu Penyelesaian Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 66,75 dengan kategori Kurang Baik. (4) Biaya/tarif Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 73,5 dengan kategori Kurang Baik. (5) Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 72 dengan kategori Kurang Baik. (6). Kompetensi Pelaksana Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 73,75 dengan kategori kurang Baik. (7) Perilaku Pelaksana Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 77,75 dengan kategori Baik. (8) Penanganan Pengaduan Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 58,75 dengan kategori Tidak Baik. (9) Sarana dan prasarana petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 74,75 dengan kategori Kurang Baik.
The purpose of this study was to analyze and determine the quality of public services at the Tanah Merah Regency Village office Tana Tidung measured based on the Community Satisfaction Index. This research is a descriptive study using the Community Satisfaction Index (IKM) analysis with design results in the form of numbers. The research was carried out in Tanah Merah Village, Tana Lia Subdistrict, Tusung District, located at the Tanah Merah Village Office. The sample technique used is the sample random sampling technique and the data collection technique is done by documentation techniques, questionnaires and interviews. The results showed that the community satisfaction index (IKM) for the services of the Tanah Merah Village Office was 2.82 with a conversion rate of 70.4. Then the quality of public service quality is in the category of poor service quality. The results of the 9 Indicators of Community Satisfaction with values between 0-100, are as follows: Service has a value of IKM of 75 with the category Poor (2) Service Procedure has an IKM value of 74, 75 in the category of Poor (3) Time for Completion of Service Officers has an IKM value of 66.75 with the category Poor. (4) Service fees / tariffs have an IKM value of 73.5 in the Poor category. (5) Product Type Service Specifications have an IKM value of 72 in the Poor category. (6). Service Implementing Competencies have a value of 73.75 IKM with the Poor category (7) Implementing Service Staff Behavior has a value of 77.75 IKM with a Good category (8) Complaints Handling of Service Officers has an IKM value of 58.75 with a category Not Good. (9) Facilities and infrastructure of Service officers have an IKM value of 74.75 with the category of Poor.