
Strategi Pengembangan Kebun Raya Anggrek Di Kota Tarakan
Pengarang : Oktariana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung Kebun Raya Anggrek di Kota Tarakan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif kemudian untuk memperoleh strategi pengembangan dengan analisis SWOT. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari pengunjung Kebun Raya Anggrek dan data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tarakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung menggunakan strategi SO (Strength – Opportunity) yaitu strategi yang menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang. Alternatif strategi SO yang telah dirumuskan adalah dengan mengembangkan potensi yang dimiliki Kebun Raya Anggrek seperti sumber daya yang memadai dan adanya aksesibilitas yang mudah serta penjagaan dan peningkatan kualitas sumber daya dimana ketiga hal ini diharapkan bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung.
The purpose of this study was to find out strategies in an effort to increase the number of visitors to the Orchid Gardens in Tarakan City. The method used was descriptive with a qualitative approach and then to obtain a development strategy carried out with a SWOT analysis. The data used in this study are primary data obtained from visitors to the Botanical Gardens and secondary data obtained from Food, Agriculture and Fisheries Service in city of Tarakan. The results of this study indicate that the right strategy to increase the number of visitors using the SO (Strength - Opportunity) strategy, which is a strategy that uses strength and takes advantage of opportunities. The alternative SO strategy that has been formulated is to develop the potential of the Botanical Gardens such as adequate resources and easy accessibility and safeguarding and improving the quality of resources where these three things can attract tourists to visit.