
Pengaruh Investasi dan Infrastruktur Transportasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Kalimantan Utara
Pengarang : Danu Freski Lesmana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh investasi dan infrastruktur transportasi terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Kalimantan Utara. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda data panel (multiple regression panel). Regresi data panel dapat dilakukan dengan tiga model yaitu pooled, fixed effect dan random effect. Pengaruh variabel investasi terhadap pertumbuhan ekonomi dilihat dari nilai koefisien sebesar -0.204859 menunjukkan bahwa apabila tingkat investasi mengalami kenaikan sebesar satu satuan maka jumlah pertumbuhan ekonomi akan mengalami penurunan sebesar 0.204859 persen. Pengaruh variabel infrastruktur transportasi terhadap pertumbuhan ekonomi dilihat dari nilai koefisien sebesar -0.101633 menunjukkan bahwa apabila tingkat infrastruktur transportasi mengalami kenaikan sebesar satu satuan maka jumlah pertumbuhan ekonomi akan mengalami penurunan sebesar 0.101633 persen. Dari hasil tersebut nilai t hitung lebih besar dari t (-2,582849 > 1,70113) dan prob. t hitung tabel lebih kecil dari taraf signifikan (0,0188 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya investasi berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Dari hasil tersebut nilai t hitung lebih besar dari t tabel (-2,156008 > 1,70113) dan prob. t hitung lebih kecil dari taraf signifikan (0,0449 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya infrastruktur transportasi berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi
The purpose of this study was to find out the effect of transportation investment and infrastructure on economic growth of the district/city in Kalimantan Utara. This research use multiple regression panel analysis method. Panel data regression can be done with three models, namely pooled, fixed effect and random effect. The effect of investment variables on economic growth seen from the coefficient value of -0.204859, it shows that if the investment level increase one unit then the amount of economic growth will decrease of 0.204859 percent. The effect of transportation infrastructure variables on economic growth seen from the coefficient value of -0.101633, it indicates that if the level of transportation infrastructure increase one unit then the amount of economic growth will decrese 0.101633 percent. From these results the value of t count is greater than t table (2.582849 > 1.70113) and probability t count is smaller than significant level (0.0188 < 0.05). So it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected which means that investment has a significant effect on economic growth. Furthermore, the value of t count is greater than t table count (-2.156008 > 1.70113) and probability t is smaller than significant level (0.0449 < 0.05). It can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected which means transportation infrastructure has significant effect on economic growth.