Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengarang : Sultan Muhammad Nizar - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan posttest only control design . dengan variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dan untuk variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling (Perposive Sampling) yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes uraian untuk hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial meliputi uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SMA Muhammadiyah Tarakan. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen 82,57 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol 73,94. Hasil analisis uji independent sampel t-test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (α = 0.05) diperoleh p-value sebesar 0.006 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan Tahun pembelejaran 2021/2022.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Aptitude Treatment Interaction (ATI)

The purpose of the research was to determine the effect of the aptitude treatment interaction (ATI) learning model on mathematics learning outcomes of students in class XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. The type of the research was a quasi-experimental with a posttest only control design. The independent variable was the the learning model of aptitude treatment interaction and the result of the learning as its dependent variable. The population was all the seventh graders of MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. The sample was taken by using a non-probability sampling technique (Purposive Sampling) which was divided intp two groups, namely XI MIA 1 as the experimental group and XI MIA 4 as the controled group. The technique of data collection was a testing of an essay test. The technique of data analysis was descriptive and inferential analysis. A descriptive analysis includes the arithmetic mean and standard deviation. An inferential analysis includes prerequisite assumption test and hypothesis testing. The results of the the research showed that the average posttest score in the experimental group wa 82.57 and that of the control class was 73.94. the right-hand side independent sample t-test with a significant level of 5% (α = 0.05) obtained a p-value of 0.006

Detail Informasi