Evaluasi Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Angkutan Umum Laut Di Wilayah Perbatasan (Studi Kasus Pelabuhan Tunon Taka) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Evaluasi Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Angkutan Umum Laut Di Wilayah Perbatasan (Studi Kasus Pelabuhan Tunon Taka)

Evaluasi Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Angkutan Umum Laut Di Wilayah Perbatasan (Studi Kasus Pelabuhan Tunon Taka)

Pengarang : Fadzila Nurdin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Angkutan umum laut khususnya Kapal fery memegang peranan penting untuk masyarakat kabupaten Nunukan yang dimana kebutuhan pokok masyarakat Nunukan bergantung dari negara tetangga Malaysia bukan hanya itu pelabuhan penyebrangan tersebut satu – satunya pelabuhan resmi menuju Tawau Malaysia. Maka perlu diketahui bagaimana pendapat masyarakat tentang angkutan umum laut (fery) di Kabupaten Nunukan. Metode yang digunakan ialah Immportance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index untuk mengetahui kinerja sistem angkutan laut yang digunakan masyarakat dalam bertransportasi. Dari penelitian ini diketahui 85 responden yang terdiri dari 57 laki-laki dan 28 orang perempuan yang memiliki karakteristik. Secara keseluruhan penumpang angkutan Laut (fery) di Nunukan sangat puas atas kinerja dan tingkat harapan atribut-atribut pelayanan yang dengan nilai indeks kepuasaan sebesar 89,19%. Berdasarkan analisis IPA dan indeks kepuasan penumpang berdasarkan analisis CSI sebesar 88% ini menunjukkan jika pelayanan pada angkutan umum laut (fery) sudah baik dan memuaskan penumpang.

Sea public transportation, especially ferry, plays an important role for the people of Nunukan Regency, where the basic needs of the Nunukan community depend on neighboring Malaysia, not only that the crossing port is the only official port to Tawau Malaysia. Then we need to know how the public opinion about sea public transportation (ferry) in Nunukan Regency. The method used is the Immortance Performance Analysis and Customer Satisfaction Index to determine the performance of the sea transportation system used by the public in transportation. From this research, it is known that 85 respondents consisting of 57 men and 28 women who have characteristics. Overall, sea transport passengers in Nunukan were very satisfied with the performance and expected level of service attributes with a satisfaction index value of 89.19%. Based on the IPA analysis and the passenger satisfaction index based on CSI analysis of 88% shows that the service on sea public transport (ferry) is good and satisfying the passengers.

Detail Informasi