Optimasi Penempatan Elektroda Batang Pada Jalan RingRoad Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Optimasi Penempatan Elektroda Batang Pada Jalan RingRoad Kota Tarakan

Optimasi Penempatan Elektroda Batang Pada Jalan RingRoad Kota Tarakan

Pengarang : Reza Rizki Setiawan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Sistem pentanahan (Grounding System) yang kurang baik dapat menyebabkan penurunan kualitas tenaga listrik. Dengan demikian fasilitas-fasilitas pendukung pada Jalan RingRoad Kota Tarakan seperti tiang listrik, lampu PJU, transformator stepdown maupun bangunan memiliki resiko besar mengalami kerusakan. Untuk melindungi dan mengurangi dampak kerusakan akibat gangguan secara mekanik maupun gangguan alam seperti sambaran petir maka dipasang sistem pengaman. Sistem pengaman itu salah satunya adalah sistem pentanahan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menganalisa penempatan elektroda batang pada Jalan RingRoad Kota Tarakan. Dengan melalukan pengukuran di 5 titik, masing-masing titik berjarak kurang lebih 100 meter. Langkah pertama mengukur resistansi pentanahan menggunakan alat Digital Earth Tester dengan simulasi kedalaman tanah 1, 2, dan 3 meter. Dan mengetahui kadar air tanah, dengan melaukakan penelitian di Laboratorium. Kemudian langkah berikutnya adalah menghitung nilai tahanan jenis tanah berdasarkan hasil pengukuran nilai resistansi pentanahan. Hasil penelitian optimasi penempatan elektroda batang pada Jalan Ringroad Kota Tarakan di 5 titik pengujian dengan menggunakan batang elektroda sepanjang 4 meter dengan diamater 0,015 meter (1,5 cm) semuanya memiliki nilai Resistansi pentanahan dibawah 5 O, sesuai dengan Persyaratan Umum Instalasi Listirk (PUIL 2000:68).

Less good grounding systems can cause a decrease in the quality of electricity. Thus supporting facilities on RingRoad Kota Tarakan such as electricity poles, PJU lights, stepdown transformers and buildings have a high risk of damage. To protect and reduce the impact of damage due to mechanical disturbances and natural disturbances such as lightning strikes, a safety system is installed. One of the security systems is the grounding system. This study aims to determine and analyze the placement of rod electrodes on RingRoad, Tarakan City. By passing measurements at five points, each point is approximately 100 meters. The first step is measuring ground resistance using a Digital Earth Tester tool with a simulation of soil depth of 1, 2 and 3 meters. And knowing the soil water content, by conducting research in the Laboratory. Then the next step is to calculate the soil type resistance value based on the measurement results of the earth resistance value. The results of the study were optimization of placement of rod electrodes on Ringroad in Tarakan City, in five test points using a four meter long electrode rod with a diameter of 0.015 meters (1.5 cm) all of which had ground resistance values below 5 O, in accordance with the General Requirements of Installation Circles (PUIL 2000 : 68).

Detail Informasi