Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 006 Tarakan

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 006 Tarakan

Pengarang : Rismawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 006 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif Eksperimen yang dilaksanakan pada bulan September semester ganjil TA 2021-2022. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan dan sampel diambil dari kelas I C berjumlah 28 siswa yang diberikan perlakuan. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan bantuan Software SPSS Versi 21.0 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan dengan persamaan regresi Y = 5,918 + 0,994X, dimana signifikansi hubungan ditunjukkan oleh thitung 5,998 > ttabel 2,056. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan. Dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh 0,762 menunjukkan bahwa antara penggunaan aplikasi zoom cloud meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan berada pada skala hubungan kuat. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapatkan hasil adalah 58,1 % sedangkan sisanya 41,9 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Membaca

This study aimed to find out the effect of using the zoom cloud meeting application as a learning medium on the students' reading outcomes at grade 1 of SD Negeri 006 Tarakan. This research applied a quantitative experiment carried out in September as the old semester of the academic year 2021-2022. The population in this study were all students of grade 1 of SD Negeri 006 Tarakan and 28 students from grade I-C were selected as the samples through purposive sampling. The data collection was conducted using questionnaires, observations, tests, and documentation. The research data was analyzed using SPSS Software Version 21.0 for windows. Based on the results, the implementation of the zoom cloud meeting application as a learning medium significantly affected the studets' learning outcomes with the regression equation Y = 5,918 + 0,994X, where the significance of the relationship was indicated by t-count 5,998> t-table 2,056. This presented that there was a relationship between the use of the zoom application as a learning medium and students' reading outcomes. From the results of the correlation coefficient test r 0,762, the use of the zoom application as a learning media on students' reading outcomes had a strong relationship. Besides, the results of the coefficient of deterination test obtained r 2 58,1 % while the remaining 41,9 % was influenced by other variables. Keywords: Learning Media, Students' Reading Outcomes

Detail Informasi