Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kelas IV A SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kelas IV A SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung

Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kelas IV A SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung

Pengarang : Marjono - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bermaksud menjawab dua pertanyaan terkait peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar dan pendukung kegiatan belajar pada masa pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. Fokus pada peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan pendukung kegiatan belajar pada masa pandemi. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui reduksi kata, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung telah menerapkan perannya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi yaitu dengan cara memberikan angka pada hasil belajar siswa pada buku tugas siswa (LAS) dan pada buku raport siswa. Memberikan hadiah kepada siswa bagi yang memperoleh nilai tertinggi. Menciptakan kompetisi atau persaingan secara individu dalam belajar untuk memperoleh nilai tertinggi agar bisa mendapatkan hadiah diakhir semester. Memberikan ulangan kepada siswa diakhir semester (UAS). Memberitahukan hasil belajar kepada siswa secara langsung pada buku tugas siswa (LAS) dan memberitahukan hasil belajar secara keseluruhan kepada siswa melalui buku raport siswa. Memberikan pujian kepada siswa yang memperoleh nilai yang baik melalui grup Whatsapp kelas IV-A. Memberikan hukuman kepada siswa yang terlambat mengumpulkan tugas dengan cara memberikan tugas tambahan. Dalam pembelajaran ini guru menggunakan situs/aplikasi untuk membantu guru dalam menyampaikan materi yaitu berupa aplikasi Whatsapp, fasilitas yang gunakan berupa handphone dan computer, serta bahan ajar seperti lembar aktivitas siswa (LAS) yang disediakan oleh pihak sekolah.

Kata Kunci: Peran, Guru, Motivasi, Belajar

This research aimed to answer two question related to the role of teachers in increasing learning motivation and the supports given to the students for their learning activities during the covid-19 pandemic. The study used qualitative research conducted at SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. The research data sources were both primary and secondary data with various informants consisting of school principals, teachers, and students. The data were collected using interview, observations, and documentation. The data were then qualitatively analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research results show that the teachersat SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung had implemented their role in increasing the students learning motivation during the covid-19 pandemic, by given scores to the students' learning achievements contained on stundents assignment books (known as LAS) and report books, providing prizes for the students who gain the highest scores, creating individual competition in the learning to gain the highest scores so that the students could get the prize at the end os semester, giving a test to the students at the end of semester (UAS), directly informing the students learning achievement in their assignment books (LAS), informing the students' all learning achievements through their report books, giving compliments to the students with excellent grades through the Whatsapp group of Grade IV-A, and giving punishmentto the late students submitting their assignments by giving additional assignment. In this learning, the teachers used website/application to help them deliver the materials in the form of mobile phones and computers, as well as teaching materials, such as students' assignment book (LAS) provided by the school. Keywords: Role, Teacher, Motivation, Learnning

Detail Informasi