
Pengembangan Media Buku Aktivitas Pada Tema 1 Subtema 1 Di Kelas III A SDN 014 Tarakan
Pengarang : Angelin Leony Pasha - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media buku aktivitas serta mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran tema 1 subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup pada siswa kelas III A SDN 014 Tarakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan alur model ADDIE. Menurut (Widi Winarni, 2018, hal. 263) alur model ADDIE dapat digunakan untuk berbagai macam pengembangan produk seperti model, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media dam bahan ajar. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan dokumentasi. Produk media buku aktivitas yang dihasilkan berukuran A4 (21 cm x 29,7 cm) yang terbuat dari kain flanel, kertas cover warna-warni dan terdiri dari 20 halaman. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 82%, ahli materi 90%, ahli praktisi 81%. Rata-rata presentase skor aspek kelayakan sebesar 84% . Hasil dari validasi ahli media, materi dan praktisi menunjukkan bahwa media buku aktivitas sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil skor dari setiap indikator pada setiap angket kelayakan. Hasil angket respon siswa setelah menggunakan media buku aktivitas pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan adalah sangat layak, dengan skor presentase sebesar 94,54% pada uji coba terbatas dan 94,68% pada uji coba lapangan. Sehingga rata-rata skor presentase dari aspek respon siswa sebesar 94,61% dengan kategori sangat layak. Siswa memberikan komentar dan saran pada media buku aktivitas mengenai ketertarikan terhadap media, seperti bersemangat karena merasa jelas dengan pembahasan materi pada buku aktivitas, siswa dapat bermain sambil belajar serta gambar pada media menarik.
Kata Kunci: R&D, Media Pembelajaran, Buku aktivitas, ADDIE
This research is a research and development that aims to develop activity book media and determine the feasibility and student responses to learning media theme 1 subtheme 1 Characteristics of Living Things in grade III A students of SDN 014 Tarakan. This research uses the type of research and development or Research and Development (R&D) with ADDIE model flow. According to (Widi Winarni, 2018, p. 263) the ADDIE model flow can be used for various kinds of product development such as models, learning strategies, learning methods, media and teaching materials. The ADDIE model consists of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection instruments used were interview guidelines, validation sheets, student response questionnaires, and documentation. The resulting activity book media product is A4 size (21 cm x 29.7 cm) made of flannel, colorful cover paper and consists of 20 pages. The validation results obtained from media experts are 82%, material experts are 90%, and practitioners are 81%. The average percentage score of the feasibility aspect is 84%. The results of the validation of media experts, materials and pactitioners show that the activity book media is very feasible to be used in the learning process. This is evidenced by the results of the scores of each indicator on each feasibility questionnaire. The results of the student response questionnaire after using the activity book media in the limited trial and field trial were very feasible, with a percentage score of 94.54% in the limited trial and 94.68% in the field trial. So that the average percentage score from the aspect of student responses is 94.61% with a very decent category. Students provide comments and suggestions on the activity book media regarding interest in the media, such as being excited because they feel clear about the discussion of the material in the activity book, students can play while learning and draw pictures on interesting media. Keywords: R&D, Learning Media, Activity books, ADDIE