
Hubungan Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Lintas Minat Di SMA Hang Tuah Tarakan
Pengarang : Ratna - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Hubugan Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Lintas Minat di SMA Hang Tuah Tarakan (Dibimbing oleh Zulfadli, M.Pd dan Vlorensius, S.Si.,M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI lintas minat di SMA Hang Tuah Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa dengan penentuan sampel menggunakan teknik total sampling. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan skor dari angket kemandirian belajar dan motivasi belajar dan hasil belajar biologi ujian tengah semester, kemudian dianalisis dengan Uji Regresi Linear Berganda untuk mencari hubungan variabel kemandirian belajar dan motivasi belajar (X) dengan hasil belajar biologi (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi dengan nilai signifikansi sebesar 0,0009 < 0,05. Terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar biologi dengan nilai signifikansinya 0,042 < 0,05 dan terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar biologi dengan nilai signifikansinya 0,020< 0,05.
This research aimed to analyze the relationship of learning independence and laerning motivation with laerning achievement of Grade XI cross-major biology students at SMA Hang Tuah Tarakan. The study was correlation research using a descriptive correlational method with quantitative approach. The research population was 58 students with the samples collected using a total sampling technique. All data were obtained based on the questionnaire score on learning independence, learning motivation, and learning achievement from biology mid-semester test, and the analyzed using Multiple Linear Test of figure out the relationship of learning independence and learning motivation (X) with biology learning achievement (Y). The research result show that there is a relationship of learning independence and learning motivation with biology laerning achievement with the significance value of 0.0009 < 0.005. There was a relationship between learning independence and biology learning achievement with the significance value of 0.0042; and there was a relationship between learning motivation and biology achievement with the significance value of 0.020 < 0.005.