Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan Dengan Menggunakan Media Tiga Dimensi Diorama Kelas X SMA LB Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan Dengan Menggunakan Media Tiga Dimensi Diorama Kelas X SMA LB Negeri Tarakan

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan Dengan Menggunakan Media Tiga Dimensi Diorama Kelas X SMA LB Negeri Tarakan

Pengarang : Oktavia Try Andryani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menigkatkan keterampilan berbicara dengan media tiga dimensi diorama pada siswa SMA LB Negeri Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA LB Negeri Tarakan Tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah selutuh siswa kelas X SMA LB Negeri Tarakan yang berjumlah 8 siswa dengan 6 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Proseur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil peneliti menunjukan bahwa media tiga dimensi diorama dapat menigkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X SMA LB Negeri Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa sebesar 37,5% dengan rata-rata 54,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 74,35. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penerapan metode tersebut, metode pembelajaran berbicra dengan menggunakan media tiga dimensi diorama dapat menjadi masukan kepada guru untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Dapat pula dikatakan bahwa metode pembelajaran tiga dimensi diorama dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya aspek keterampilan berbicara siswa kelas X SMA LB Negeri Tarakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi