Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Menggunakan Media Puzzle Melalui Aplikasi Powtoon Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Menggunakan Media Puzzle Melalui Aplikasi Powtoon Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 12 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Menggunakan Media Puzzle Melalui Aplikasi Powtoon Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Sapna - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun menggunakan media puzzle dengan bantuan aplikasi powtoon pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 12 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2021/2022. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Tarakan yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle melalui aplikasi powtoon dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa ranah psikomotorik 72%. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa ranah psikomotorik 93% setelah siswa telah mampu untuk membuat pantun. Pada nilai ketuntasan 100% dapat dilihat berdasarkan jumlah siswa yang telah mencapai KKM dengan nilai standar KKM 70 hingga nilai 100. Perolehan nilai yang didapat oleh siswa berdasarkan hasil dari skor yang diperoleh dikali 100 dan dibagi dengan skor maksimal. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media puzzle melalui aplikasi powtoon dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya aspek keterampilan menulis pantun dan penelitian ini dapat dikatakan berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

This study to improve the ability to write “pantun” employing puzzle media through the powtoon application in class VII-2 SMP negeri 12 Tarakan. The type of research implemented was Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were class VII-2 students of SMP Negeri 12 Tarakan in the first semester of the 2021/2022 academic year with 32 students consisting of 18 female and 14 male. This research was carried out in 2 cycles and each cycle was administered in 2 meetings. The procedure for each cycle consisted of planning, action, abservation, and reflection. The result showed that puzzle media through the powtoon application could improve the ability to write “pantun” for students at grade VII-2 SMP Negeri 12 Tarakan. It is obvious from the results obtained in each cycle. In the first cycle, the outcomes of students’ motoric skill was 72%. Furthermore, in the second cycle, students’ motoric learning outcomes increased to 93% after the students were able to make “pantun”. The achievement score of 100% can be seen based on the number of students who have reached the KKM with a standard value of 70 to 100. The students’ obtained score was formulated on the score multiplied by 100 and divided by the maximum score. Thus, it can be concluded that puzzle media through the powtoon application could enhance students’ learning outcomes in Indonesia subject, especially in the aspects of “Pantun” writing skill and this research was effective according to the indicators of success.

Detail Informasi