Keefektifan Penggunaan Media Pop Up Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Keterampilan Menulis Puisi Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Keefektifan Penggunaan Media Pop Up Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Keterampilan Menulis Puisi Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Keefektifan Penggunaan Media Pop Up Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Keterampilan Menulis Puisi Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Iga Mawarni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pop up dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis puisi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen yang memiliki kelas kontrol pada penelitiannya. Penelitian eksperimen digunakan untuk mengetahui keefektifan media pop up dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitan adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Tarakan. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 20 siswa setiap kelasnya. Data di analisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 26 for windows. Berdasarkan data pada baris equal variances assumed (varians diasumsikan sama) diperoleh t hitung 1,870 pada taraf signifikan a = 0,05 dan df = 38 diperoleh nilai t tabel 1,685 berarti t hitung ≥ t tabel (1,870 ≥ 1,685) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan “penggunaan media pop up efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis puisi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan”. Media pop up ini membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, serta peran guru sebagai fasilitator yang membimbing siswa. Berbeda dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan media audio visual sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.

The purpose of this study was to see how successful pop-up media in teaching Indonesian language to eighth-grade students at SMP Negeri 8 Tarakan on the topic of poetry writing skills. The sort of research used in this study was experimental research, which included a control group. Using a pretest-posttest control group methodology, experimental research was done to establish the effectiveness of pop up media. The participants in this study were students in class VIII at SMP Negeri 8 Tarakan. In this study, sampling was done through a basic random sampling procedure with 20 students in each class, with class VIII-3 serving as the experimental class and class VIII-4 serving as the control class. With the SPSS version 26 software for Windows, the data were analyzed using an independent sample t-test statistical test. Based on the data in the identical variances assumed line (the variance is considered to be the same), t arithmetic 1.870 at a significant level a = 0.05 and df = 38, t table 1.685 means t arithmetic t table (1.870 1.685), which means Ho was rejected and Ha approved. According to the findings, the usage of pop-up media is helpful in learning Indonesian on the topic of poetry writing skills for class VIII students at SMP Negeri 8 Tarakan. Students became more engaged and passionate in the learning process as a result of the pop-up media, as well as the teacher’s function as a facilitator who guided the students. In contrast, in the control group the students were less engage in the learning process since the exclusively employed audio-visual media.

Detail Informasi