
Keefektifan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Irpan Bin Lasida - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media audio visual dalam pembelajaran menulis cerita fantasi pada siswa kelas vii smp negeri 8 tarakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen yang memiliki kelas kontrol pada penelitiannya. Penelitian eksperimen digunakan untuk mengetahui keefektifan media audio visual dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitan adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Tarakan. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII- 3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 18 siswa setiap kelasnya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data deskriptif posttest, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media audio visual dengan jumlah siswa 18 adalah 73,11 sedangkan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran yang tidak media audio visual dengan jumlah siswa 18 adalah 69,33 dan pengujian statistik dengan menggunakan uji independent sample t-test pada software SPSS version 26 for window diperoleh t hitung 1,970 pada taraf signifikan a = 0,05 dan df = 34 diperoleh nilai t tabel 1,690 berarti t hitung ≥ t tabel (1,970 ≥ 1,690) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data pada baris equal variances assumed (varians diasumsikan sama) diperoleh t hitung 1,970 pada taraf signifikan a = 0,05 dan df = 34 diperoleh nilai t tabel 1,690 berarti t hitung ≥ t tabel (1,970 ≥ 1,690) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan dengan menggunakan media audio visual efektif terhadap pembelajaran menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan”.
This research aimed to figure out of effectiveness of audio-visual media in writing fantasy stories of Grade VII students at SMP Negeri 8 Tarakan. The study was classified into experimental research with a control class. This research was conducted to figure out the effectiveness of audio-visual media using pretest-posttest control group design. The research population was Grade VII students at SMP Negeri 8 Tarakan. The sample were collected using simple random sampling technique from two classes: class VII-1 as the experimental class and class VII-3 as the control class with 18 students in each class. It can be seen from the analysis result of posttest descriptive data, the average value of experimental class treated using audio-visual media was 73.11, while that of control class treated without using audio-visual media was 69.33. the statistical test using independent sample t-test on SPSS software version 26 for window obtained that t-count was 1.970 at the significant level a =0.05 and df = 34 with the value of t-table at 1.690, meaning that t-count ≥ t-table (1.970 ≥ 1.690). Thus, Ho was rejected, while Ha as accepted. Based on the data in the equal assumed variances, it was obtained that t-count was 1.970 at the significant level a = 0.05 and df = 34 with the value of t-table at 1.690, meaning that t-count ≥ t-table (1.970 ≥ 1.690). Thus, Ho was rejected, while Ha was accepted. Based on the data above, it can be concluded that audio-visual media was effective for the Grade VII students of SMP Negeri 8 Tarakan to write fantasy stories.