Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Dengan Bantuan Media Word Wall Pada Siswa Kelas X IPS MA Al-Khairaat Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Dengan Bantuan Media Word Wall Pada Siswa Kelas X IPS MA Al-Khairaat Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Dengan Bantuan Media Word Wall Pada Siswa Kelas X IPS MA Al-Khairaat Tarakan

Pengarang : Heny Apriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran SAVI dengan bantuan media word wall pada siswa kelas X IPS MA Al-Khairaat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah siswa kelas X IPS MA Al-Khairaat Tarakan yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI dengan bantuan media word wall dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPS MA Al-Khairaat Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa ranah afektif sebesar 70%, ranah kognitif sebesar 65%, dan ranah psikomotorik 65%. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa ranah afektif meningkat menjadi sebesar 100% hal ini dikarenakan siswa telah menanamkan sikap atau karakter yang baik di dalam pembelajaran, selanjutnya ranah kognitif sebesar 100% hal ini dikarenakan siswa telah dapat menentukan tema dan makna, menganalisis diksi, imaji, kata konkret, serta rima dalam sebuah antologi puisi, dari ranah psiomotorik 91%, siswa telah mampu untuk membuat puisi. Pada nilai ketuntasan 100% dapat dilihat berdasarkan jumlah siswa yang telah mencapai KKM dengan nilai standar KKM 70 hingga nilai 100. Perolehan nilai yang didapat oleh siswa berdasarkan hasil dari skor yang diperoleh dikali 100 dan dibagi dengan skor maksimal. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran SAVI dengan bantuan media word wall dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis pusi.

This research aimed to improve the ability to write poetry using the SAVI learning model with the assistance of word wall media to the Grade X Social Students of MA Al-Khairaat Tarakan. The research used Classroom Action Research (CAR). The research subject were 23 Grade X Social Students at MA Al-Khairaat Tarakan consisting of 18 female and male students. This research was conducted in 2 cycles and each cycle was implemented in 2 meetings. The results showed that the SAVI learning model with the assistance of word wall media could improve the poetry writing skills of Grade X Social Students at MA Al-Khairaat Tarakan. This can be seen from the result obtained in each cycle. In the first cycle, the students’ learning achievement in affective domain were 70%, in cognitive domain was 65%, and in psychomotor domain was 65%. Furthermore, in cycle II, the students’ learning achievement in affective domain increased up to 100% since the students have instilled good learning attitudes or characters; in cognitive domain also increased up to 100% since the students could determine themes and meanings, analyze diction, image, concrete words, and rhymes in poetry anthology; and in psychomotor domain increased up to 91% since the students had been able to compose poetry. The completeness score up to 100% could be seen based on the number of students reaching the Minimum Mastery Criteria with the standard value score of 70 to 100. The scores obtained by students were based on the results of obtained score multiplied by 100 and divided by the maximum score. Thus, it could be said that the SAVI learning model with the assistance of word wall media could improve the students’ Indonesian language learning achievement, especially in poetry writing skills.

Detail Informasi