The Profile Of English Examination Results Of Senior High School Students In Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Profile Of English Examination Results Of Senior High School Students In Bulungan

The Profile Of English Examination Results Of Senior High School Students In Bulungan

Pengarang : Fajar Darmawan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil hasil Ujian Nasional Bahasa Inggris dan mengetahui apakah ada perbedaan hasil Ujian Nasional Bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bulungan ditinjau dari status sekolah, akreditasi sekolah, jurusan, jenis kelamin dan pencapaian siswa. Terdapat 944 siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bulungan tahun akademik 2018/2019. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil data analisis, telah ditemukan (1) sekolah negeri lebih baik dari sekolah swasta , dengan total skor untuk sekolah negeri (44.7156) dan total skor untuk sekolah swasta (31.6354). (2) akreditasi sekolah memberikan pengaruh terhadap hasil nilai Ujian Nasional Bahasa Inggris, dimana peneliti menemukan bahwa sekolah dengan akreditasi yang lebih tinggi ternyata memiliki hasil yang lebih baik dengan sekolah akreditasi A (525.84) akreditasi B (393.33) dan tidak terakreditasi (402.20) . (3) siswa jurusan IPA lebih baik dari siswa di jurusan IPS dengan total skor untuk jurusan IPA (560.25) dan untuk total skor Jurusan IPS (402.77) (4) siswa perempuan lebih baik dari siswa laki-laki.dengan total skor untuk laki laki (437.96) dan untuk perempuan (503.44) (5) dan untuk pencapaian siswa pada hasil ujian nasional Bahasa Inggris termasuk dalam kategori kurang.Berdasarkan hasil perhitungan, Ujian Nasional Bahasa Inggris pada setiap variabel menunjukkan nilai signifikan kurang dari tingkat signifikan 0.05. Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat diindikasikan bahwa terdapat perbedaan nilai Ujian Nasional Bahasa inggris siswa Sekolah Menengah Atas di Bulungan ditinjau dari status sekolah, akreditasi sekolah, jurusan, jenis kelamin dan pencapaian siswa

This study aimed at describing profile of the English national examination results of Senior high school students in Bulungan and finding out whether there were differences in the examination results in terms of school status, school accreditation, majors, gender and student achievement. There were 944 of high school students in Bulungan Regency in the academic year 2018/2019. This research used a quantitative method. The results showed that (1) public schools was better than the private schools (2) school accreditations did not have any effect on the results of the English national examination, where it was found that schools with lower accreditation had better results, (3) students majoring in sciences were better than those in social sciences, (4) female students were better than male students (5) the results of the English national examination was in a low category. As the significant value in each variable was less than the significant level of 0.05, the How as rejected. It was indicated that there were differences in the English national exam scores of high school students in Bulungan Regency in terms of school status, school accreditation, majors, gender and students‟ achievement.

Detail Informasi