
Students’ Perception Of Memrise Application For Vocabulary Learning At MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Dewi Purnama Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Untuk menguasai Bahasa Inggris, siswa tidak hanya mendapatkan pelajaran dari apa yang mereka pelajari di kelas yang diberikan oleh gurunya. Mereka mampu mengeksplorasikan banyak hal untuk mendukung pemahaman mereka tentang Bahasa Inggris. Oleh karena itu, siswa perlu belajar secara mandiri untuk mengasah keterampilan bahasa inggris mereka karena itu akan dibutuhkan oleh siswa. Terkadang sulit bagi siswa untuk membangun sikap terhadap belajar, karena kurangnya dorongan dari orangtua dan dorongan dari guru lebih dalam untuk mengenalkan aplikasi pembelajaran online untuk mendukung keterampilan belajar bahasa inggris, terutama kosakata. Peran dalam aplikasi pembelajaran online saat ini sangat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam pembelajaran kosakata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa MTs Negeri Tarakan tentang penggunaan aplikasi Memrise untuk pembelajaran kosakata. Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi siswa di MTs Negeri Tarakan yang berjumlah 384 siswa. Sampel penelitian adalah siswa laki-laki kelas 7A sebanyak 33 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari wawancara dan angket menunjukkan bahwa aplikasi Memrise dapat membantu siswa untuk mempelajari kosakata bahasa inggris. Apalagi aplikasi Memrise bisa diakses di mana saja dan kapan saja, siswa dapat belajar kosakata kapan pun mereka mau. Sehingga sangat mendukung dalam sikap terhadap belajar Bahasa Inggris serta mengatasi kesulitan mempelajarinya.
To master English, students do not only get the materials from what they have learned in the class given by the teachers. They can explore various things to support their understanding on English. Therefore, students are required to independently learn to sharpen their English skills. Sometimes, it is difficult for students to build and develop their English learning attitudes, due the lack of encouragement from parents and teachers to introduce online learning applications to support their English skills, especially on vocabulary. The role of online learning applications is recently very helpful for students to overcome their difficulties in learning vocabulary. The purpose of this research was to figure out the perception of MTs Negeri Tarakan students to the use of Memrise application for their vocabulary learning. This study used a descriptive qualitative method. The population was 384 students of MTs Negeri Tarakan and the research samples were 33 male students from grade 7A of MTs Negeri Tarakan collected through a purposive sampling technique. The data were obtained from interviews and questionnaires. The results show that Memrise application could help the students learn English vocabulary. Since Memrise application can be accessed anywhere and anytime, the students can learn vocabulary whenever they want. Thus, the use of Memrise application greatly supported the students’ English learning attitudes to overcome their learning difficulties, especially on vocabulary.