
Analisis Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas V C Di SD Negeri 013 Tarakan
Pengarang : Cahyo Anggriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan numerasi pada umumnya adalah kemampuan untuk menganalisis dengan menggunakan angka-angka yang diperlukan dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa kelas V C di SDN 013 Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan numerasi yang dikonfirmasi dengan proses wawancara. Sebanyak 25 siswa kelas V C menjadi partisipan dalam penelitian dan mengerjakan tes kemampuan numerasi, yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kategori kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Setelah itu peneliti memilih 6 siswa yang mewakili setiap kategori kemampuan matematika untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan numerasi pada setiap kategori kemampuan siswa; (2) kemampuan matematika yang dimiliki oleh siswa tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan numerasi siswa; (3) pada indikator menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari, subjek kemampuan tinggi dan satu subjek kemampuan sedang mampu menemukan strategi dan jawaban yang tepat, satu subjek kemampuan sedang dan rendah menggunakan perhitungan yang salah sehingga hasil kurang tepat, dan satu subjek kemampuan rendah lainnya kurang hati-hati dalam menuliskan jawaban sehingga terdapat kekeliruan; (4) pada indikator menganalisis informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, dll), subjek kemampuan tinggi mengalami kesulitan membaca grafik, terutama grafik yang jaraknya berdekatan, seorang subjek kemampuan sedang mampu menuliskan 4 informasi dengan benar, subjek kemampuan sedang lainnya, dan subjek kemampuan rendah belum memahami konsep sehingga sulit menemukan informasi dan mengkomunikasikannya; (5) pada indikator menafsirkan seluruh hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan subjek kemampuan tinggi dan sedang dapat menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Subjek kemampuan rendah belum memiliki kemampuan menafsirkan seluruh hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan.
Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Pengukuran Panjang dan Berat SDN 013 Tarakan
Numeration ability is generally an ability to analyze using numbers required to solve problems in everyday life. This research aimed to determine the numeration ability of grade V C students at SDN 013 Tarakan. This research used a qualitative study. The data were collected through a numeration ability test confirmed using interview processes. 25 grade V C students took part in the research and completed the numeration test, which were then grouped into high, medium and low mathematical ability categories. The researcher then selected 6 students representing each mathematical ability category to interview. The research results showed: (1) there were numeration ability differences in in each category of students’ ability; (2) students’ mathematical ability had no major influence on students’ numeration ability; (3) on indicators using various kinds of numbers or symbols related to the basic mathematics in solving the daily life problem, high ability subjects and one medium ability subject were able to find the right strategies and answers, one medium subject and low ability subjects used wrong calculations so that the results were inaccurate, and another low ability subject is less careful in writing answers so that there were errors; (4) on indicators analyzing information presented in various forms (graphs, tables, etc.), high ability subjects had difficulties in reading graphs, especially those in adjacent; medium ability subject was able to write 4 information correctly; the other moderate ability subjects and low ability subjects did not yet understand the concept. Thus, it is difficult to obtain and communicate the information; (5) On indicators interpreting all analysis results to predict and make decisions, subjects with high and medium abilities can interpret analysis results to predict and make decisions. The Low ability subjects did not have the ability to interpret all analysis results to predict and make decisions. Keywords: Numeration ability, Length and Weight Measurement at SDN 013 Tarakan