
Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan
Pengarang : Mawar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan, besarnya kontribusi, dan pola hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 68 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, analisis korelasi (pearson product moment), koefisien determinasi dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar dengan nilai signifikan yang diperoleh 0,130 0,000 dan koefisien korelasi 0,185. Besar kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 4,3% sedangkan sisanya 95,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diukur pada penelitian ini.
This study aimed at analyzing the relationship, contribution, and pattern of the relationship between learning discipline and learning achievement of natural science at class VII of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The type of this study was a correlational research. The sample of this study was the seventh grade students of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan which consisted of 68 students from 3 classes. The data analysis technique used normality test, linearity test, correlation analysis (Pearson Product Moment), coefficient of determination, and simple linear regression analysis. The results of this study indicated that there was no any relationship between learning discipline and learning achievement, where the value of probability (p=0.130) was greater than the level of significance (α=0.050) and the correlation coefficient was 0.185. The contribution of learning discipline to the students learning achievement was 4.3%, while the remaining 95.7% was influenced by other variables that were not measured in this study.