Hubungan Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tarakan Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tarakan Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Hubungan Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tarakan Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Pengarang : Novi Avissa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedua pertanyaan terkait siswa yang telah melaksanakan model pembelajaran Discovery Learning di dalam kelas. Pertama, apakah terdapat hubungan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa. Kedua, seberapa besar kontribusi yang diberikan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar siswa. Skripsi ini merupakan penelitian korelasi (hubungan) dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini sebanyak 93 siswa kelas VIII yang telah mempelajari materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal uraian untuk mengukur keterampilan metakognitif dan soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji linearitas dan analisis korelasi (Pearson Product Moment) serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa dengan nilai korelasi 0,610. Besar kontribusi keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar siswa sebesar 37% sedangkan sisanya 63% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diukur pada penelitian ini.

This research aimed to analyze two questions related to the students already implementing the Discovery Learning model in the classroom. First, is there a relationship between metacognitive skill and student learning outcome? Second, to what extent is the contribution given by metacognitive skill to student learning outcome? This study was included into correlational research using a descriptive correlational method. 93 samples were obtained from the Grade VIII students already studying Human Respiratory System. The samples were collected through a purposive sampling technique. The instruments used were descriptive questions to measure the metacognitive skills and multiple-choice questions to measure the learning outcomes. The data were than analyzed using normality and linearity test as well as correlational analysis (Pearson Product Moment) and determination coefficient. The results show that there was a relationship between metacognitive skill and student learning outcome with a correlational value of 0.610. the contribution of metacognitive skill and student learning outcome was 37% while the other 63% was influenced by the variables not measured in this research.

Detail Informasi