
Representasi Visual Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan Di Kelas V-C SDN 002 Rinding
Pengarang : Andriani Putri Lestari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 002 Rinding pada semester Genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini berfokus pada tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada materi pecahan dengan menggunakan representasi visual pada kelas V-C. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu siswa kelas V-C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemecahan masalah matematika, observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pada tingkat kemampuan matematika siswa dengan hasil tes pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan dengan menggunakan representasi visual. Pada indikator pertama hanya salah satu subjek pada tingkat kemampuan tinggi yang dapat menyelesaikan masalah pertama dan kedua, namun pada masalah kedua subjek kurang tepat karena tidak teliti dalam membagi proporsi pada gambar. Kemudian pada soal dalam indikator kedua, seluruh subjek tidak dapat menyelesaikan soal representasi pembandingan dua nilai pecahan secara visual karena tidak memahami konsep pecahan secara utuh serta tidak menggambar dua nilai pecahan dengan benar. Kemudian pada soal dalam indikator ketiga, seluruh subjek tidak dapat menyelesaikan soal representasi penjumlahan nilai pecahan secara visual karena tidak memahami konsep pecahan secara utuh serta menyelesaikan soal dengan operasi penjumlahan menggunakan KPK.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Pecahan, Representasi Visual, Sekolah Dasar
This student used qualitative research conducted at SDN 002 Rinding in the even semester of Academic Year 2020/2021. The research focused on the students’ abilities in solving the mathematical problems, especially on fractions by using visual representation at Grade V-C of SDN 002 Rinding. The data sources were from both primary and secondary data with the informants of Grade V-C students at SDN 002 Rinding. The data were collected using mathematical problem solving tests, observations, interviews, and documentation. The data were then qualitatively analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research result show that students’ mathematical abilities did not influence the result of students’ mathematical problem solving test on fraction using visual representation. In the first indicator, only one subject at high ability level can solve the first and second problems, yet in the second problem the subject were less precise since careless in dividing the proportions on image. Furthermore, due to the questions in the second indicator, all subject could not visually solve the problems in comparing two fractional values since they did not fully understand the fraction concepts and did not correctly draw two fractional values. In addition, due to the questions in the third indicator, all subjects could not visually solve the problems in representing the addition of fractional values since they did not fully understand the fraction concept and did not solve the problems with the addition operation using LCM (Least Common Multiple). Keywords: Problem Solving, Fraction, Visual Representation, Elementary School