Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V-B Pada Materi Pecahan Di SDN 035 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V-B Pada Materi Pecahan Di SDN 035 Tarakan

Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V-B Pada Materi Pecahan Di SDN 035 Tarakan

Pengarang : Siska Ghodlif Robert - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 035 Tarakan pada semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini difokuskan pada pemahaman konsep siswa kelas V-B pada materi pecahan di SDN 035 Tarakan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu mencakup data primer dengan informan yaitu siswa kelas V-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes pemahaman konsep matematika siswa, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa 1) pada indikator pertama diketahui baik subjek kemampuan tinggi, sedang, dan rendah dapat menyatakan nilai pecahan ketika pecahan disajikan ke dalam bentuk gambar; 2) pada indikator kedua, siswa kemampuan tinggi dapat menyajikan konsep pecahan dalam bentuk gambar dengan benar sedangkan siswa kemampuan sedang dan rendah tidak dapat menyajikan konsep pecahan dengan tepat ketika diminta membuat gambar berdasarkan nilai pecahan; 3) pada indikator ketiga, siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang mampu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu yang terkait dengan pengurangan pecahan, sedangkan siswa kemampuan rendah tidak dapat mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya berdasarkan gambar terkait dengan pengurangan pecaha; 4) pada indikator keempat, diketahui subjek kemampuan tinggi, sedang, dan rendah dapat memahami konsep penjumlahan pecahan dalam bentuk cerita jika penyebut pecahannya sama. Sedangkan subjek kemampuan sedang dan rendah tidak dapat memahami konsep operasi penjumlahan pecahan jika penyebutnya berbeda.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Matematika, Siswa

This type of research uses qualitative research conducted at SDN 035 Tarakan in the Even Semester of the 2020/2021 Academic Year. This study focused on understanding the concepts of class VB students on the fraction material at SDN 035 Tarakan. Sources of data in this study include primary data and secondary data with the informants are students of class VB. Data collection techniques used in the form of tests of students' understanding of mathematical concepts, interviews and documentation. The results of this study indicate that students' understanding of concepts 1) in the first indicator it is known that both high, medium, and low ability subjects can state the value of fractions when fractions are presented in the form of pictures. 2) on the second indicator,presents the concept of fractions appropriately when asked to make pictures based on fractional values. 3) on the third indicator,students with high and medium abilities are able to classify objects according to certain properties related to fraction reduction, while students with low abilities cannot classify objects according to certain properties according to their concepts based on pictures related to fraction reduction. 4)on the fourth indicator,It is known that high, medium, and low ability subjects can understand the concept of adding fractions in the form of stories if the denominators of the fractions are the same. Meanwhile, the subjects of medium and low ability cannot understand the concept of the operation of adding fractions if the denominators are different. Keywords: Concept Understanding, Mathematics, Students

Detail Informasi