
An Analisys Of Grammatical Errors In Writing Narrative Text At The Fourth Semester Students In English Department Borneo University
Pengarang : Maksi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengidentifikasi dan mendeskripsikan tipe-tipe kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester empat jurusan pendidikan bahasa inggris universitas Borneo Tarakan dalam teks naraitif, (2) mengetahui frekuensi tipe-tipe kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester empat jurusan pendidikan bahasa inggris universitas Borneo Tarakan (3) mengidentifikasi dan mendeskripsikan sumber kesalahan yang mempengaruhi mahasiswa untuk melakukan kesalahan yang dituliskan dalam tulisan mereka. Subyek penelitian ini adalah 29 mahasiswa semester empat. Dalam mengumpulkan data, peneliti meminta mahasiswa untuk menulis teks naratif dengan topik yang telah diberikan. Peneliti juga mewawancarai 6 mahasiswa untuk mendapatkan informasi mengenai kemungkinan penyebab yang mempengaruhi mereka melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 140 kesalahan yang ditemukan pada tulisan mahasiswa, yang dianalisis dengan menggunakan Surface Strategy Taxonomy. Ditemukan 55 kesalahan penghilangan, 62 kesalahan penambahan, 17 kesalahan pembentukan dan 6 kesalahan penempatan. Sementara itu, menurut Comparative Analysis Taxonomy kesalahan-kesalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesalahan perkembangan, kesalahan interlingual, kesalahan ambigu dan kesalahan oleh lainnya. Maka, ditemukan 77 kesalahan yang disebabkan oleh perkembangan, 25 kesalahan oleh interlingual, 29 kesalahan oleh ambigu dan 9 kesalahan oleh faktor lainnya. Kesimpulannya, kesalahan-kesalahan gramatikal yang terjadi pada tulisan mahasiswa karena kurangnya pemahaman mahasiswa mengenai grammar, dan pengaruh struktur bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran bahasa target (English).
This research was conducted to (1) identify and describe the types of errors in narrative text made by the fourth semester students majoring in English education at the Borneo Tarakan University (UBT); (2) find out the frequency of types of the errors; (3) identify and describe the sources of the errors. The subjects of this study were 29 third semester students. Data were collected by asking the students to write narrative text with the given topics. To get information about possible causes of the errors, 6 students were interviewed. The results showed that there were totally 140 errors found in students’ writings which were analyzed using Surface Strategy Taxonomy. They consisted of 55 omission errors, 62 addition errors, 17 formation errors, and 6 placement errors. Meanwhile, based on the comparative analysis taxonomy, 77 errors were caused by developmental factor, 25 errors by interlingual factor, 29 errors by ambiguous factor, and 9 errors by other factors. In conclusion, the students’ grammatical errors were due to their lack of grammar understanding and the influence of indonesian structure in the process of learning English.