A Descriptive Study Of Teaching Reading In The Eight Grade Students Of SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of A Descriptive Study Of Teaching Reading In The Eight Grade Students Of SMP Negeri 5 Tarakan

A Descriptive Study Of Teaching Reading In The Eight Grade Students Of SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Sanu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar membaca siswa kelas delapan di SMP Negeri 5 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris yang mengajar di kelas VIII-A yang berjumlah 30 siswa SMP Negeri 5 Tarakan pada tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini berbentuk Deskriptif Kualitatif.Data diperoleh melalui wawancara, observasi kelas dan dokumen belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam belajar membaca siswa adalah GTM (Grammar Translation Method) dan DM (Direct Method).Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca ini efektif, karena dalam memahami sebuah teks metode GTM dan DM siswa tidak hanya mengetahui bagaimana memahami sebuah teks bacaan. Disamping itu, peneliti menemukan dua jenis metode membaca yang digunakan dalam mengajar membaca siswa, yaitu reading aloud dan skimming. Reading aloud dimana siswa membaca dengan keras dan skimming siswa membaca dengan cepat dan mengambil point-point penting dari recount text.Metode ini digunakan karena situasi pandemic covid-19, sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online mengunakan aplikasi zoom meeting dan WhatsApp untuk membentuk kelompok kelas online sebelum memulai belajar-mengajar.

The purpose of this study was to find out the learning methods used by teachers in teaching reading for eighth graders at SMP Negeri 5 Tarakan. The subject of this research is an English teacher in the eight grade with 30 students in the 2020/2021 academic year. This is a qualitative descriptive study. the data were obtained through interviews, class observation and documents. The results showed that the learning methods used by teachers in reading class were GTM (Grammar Translation Method) and DM (Direct Method). These methods were effective, because the students can understand a text more. In addition, there are other methods, namely reading aloud and skimming. Reading aloud is implemented by letting the students to read aloud and skimming is reading quickly and taking important points from a text. The last two methods were applied due to the covid-19 pandemic situation. Thus, they could be carried out online using the zoom meeting application and WhatsApp to form class group online before starting teaching and learning

Detail Informasi