Students Perception of Lecturer Talk in MKWU Bahasa Inggris of Mathematic Education Department Borneo Tarakan University | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Students Perception of Lecturer Talk in MKWU Bahasa Inggris of Mathematic Education Department Borneo Tarakan University

Students Perception of Lecturer Talk in MKWU Bahasa Inggris of Mathematic Education Department Borneo Tarakan University

Pengarang : Wilmar Bhakti Prakasa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sudut pandang mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan terhadap gaya berbicara dosen dalam menyampaikan materi pembelajaran didalam Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penilitan Deskriptif Kualitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Peneliti mengambil 80 mahasiswa dari 2 kelas yang diambil pada jurusan Pendidikan Matematika 2019. Untuk melaksanakan penelitian ini. Peneliti menggunakan metode triangulasi untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini. Dimana terdapat metode-metode dalam pengambilan data seperti, memberikan kuesioner, melakukan observasi serta melakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Dari kuesioner, sudut pandang mahasiswa dapat disimpulkan bahwa mereka merasa lebih mudah memahami pembelajaran apabila gaya mengajar dosen dalam MKWU Bahasa Inggris didominasi menggunakan Bahasa Indonesia, kemudian Bahasa Inggris. 2) Dari observasi lapangan, mahasiswa sangat senang dan antusias ketika gaya mengajar dosen MKWU Bahasa Inggris diselingi dengan permainan-permainan seru yang berkaitan dengan materi pembelajaran. 3) Dari wawancara, sudut pandang mahasiswa mengatakan bahwa mereka lebih menyukai gaya mengajar dosen dalam proses pembelajaran MKWU Bahasa Inggris apabila dosen menggabungkan dua bahasa Indonesia dan Inggris, namun tetap mendahulukan Bahasa Indonesia kemudian Inggris. Mereka lebih bisa memahami pembelajaran apabila dosen menjelaskan materi pembelajaran secara pelan, tertata dan jelas.

The purpose of this study was to describe the point of view of students majoring in Mathematics Education at the University of Borneo Tarakan on the lecturer's speaking style in delivering learning material in the University Compulsory Course (MKWU) in English. This study uses a qualitative descriptive research method. Determination of the sample is done by purposive sampling technique. The researcher took 80 students from 2 classes taken in the 2019 Mathematics Education department. To carry out this research. Researchers used the triangulation method to check the validity of the data in this study. Where there are methods in data collection such as, giving questionnaires, conducting observations and conducting interviews. The results of this study show 1) From the questionnaire, the students' point of view can be concluded that they find it easier to understand learning if the teaching style of the lecturers in English MKWU is dominated by Indonesian, then English. 2) From field observations, students were very happy and enthusiastic when the teaching style of the MKWU English lecturer was interspersed with exciting games related to learning materials. 3) From the interview, the students' point of view said that they preferred the teaching style of the lecturer in the English MKWU learning process if the lecturer combined Indonesian and English, but still prioritized Indonesian and then English. They can better understand learning if the lecturer explains the learning material slowly, orderly and clearly.

Detail Informasi