Penggunaan Bahasa Iklan Pada Media Luar Ruang Di Kota Tarakan Menurut Kaidah Bahasa Indonesia | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penggunaan Bahasa Iklan Pada Media Luar Ruang Di Kota Tarakan Menurut Kaidah Bahasa Indonesia

Penggunaan Bahasa Iklan Pada Media Luar Ruang Di Kota Tarakan Menurut Kaidah Bahasa Indonesia

Pengarang : Mutiara Anggraini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa iklan pada media luar ruang di kota Tarakan menurut kaidah bahasa Indonesia pada bidang ejaan yang mencakup penggunaan huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, serta penulisan unsur serapan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 71 iklan media luar ruang berupa spanduk dan baliho yang berada di Jalan Yos Sudarso, Jalan Gajah Mada, Jalan Mulawarman, serta Jalan Jendral Sudirman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 201 data yang penggunaan bahasanya tidak sesuai kaidah ejaan bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa yang tidak sesuai tersebut terbagi atas 25 data pemakaian huruf yaitu 23 kesalahan penulisan huruf kapital dan dua kesalahan penulisan huruf tebal. 130 data penulisan kata yaitu 115 kesalahan pada penulisan kata baku atau asing, satu kesalahan pada penggabungan kata, lima kesalahan pada penulisan kata depan, dua kesalahan penulisan partikel, serta tujuh kesalahan penulisan singkatan dan akronim. 37 data penggunaan tanda baca yaitu tujuh kesalahan penggunaan tanda koma (,), satu kesalahan penggunaan tanda titik dua (:), delapan belas kesalahan penggunaan tanda hubung (-), lima kesalahan penggunaan tanda seru (!), serta enam kesalahan penggunaan tanda elipsis (…). Sembilan data penulisan unsur serapan yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Dari semua data, yang paling banyak ditemukan kesalahan penggunaan bahasanya ialah kesalahan dalam penulisan kata berupa kesalahan penulisan kata baku atau asing sebanyak 115 data.

This study aimed to figure out the utilization of advertising language in outdoor media of Tarakan based on the Indonesian language rules, especially spelling which includes the use of letters, words writing, punctuation marks, and adopted writing elements. This study was classified into descriptive-qualitative research. The research data sources were 71 outdoor advertising media in the form of banners and billboards located on Jalan Yos Sudarso, Gajah Mada, Mulawarman, and Jendral Sudirman. The data were collected using observation and documentation techniques. Based on the research results, 201 data did not use language based on the Indonesian language spelling rules. The use of inappropriate language was divided into 25 data errors on the use of letters, 23 data errors on capitalization, and 2 data errors on bold writing. Of 130 data on words writing, 115 data errors on the standardized of foreign words writing, 1 data error on words combination, 5 data errors on prepositions writing, two errors on particles writing, and seven data errors on abbreviations and acronyms writing. Of 37 data on the use of punctuation marks, 7 errors on the use of comma (,), 1 data error in the use of colon (:), 18 data errors on the use of hyphen (-), 5 data errors on the use of exclamation mark (!), and 6 data errors on the use of ellipsis (…). Furthermore, 9 data on the adopted elements in writing were not in accordance with the Indonesian language rules. Of all the data, most errors found in the use of language included words writing in the form of 115 data errors in writing the standardized or foreign words.

Detail Informasi