
An Analysis Of Grammatical Errors In Writing Descriptive Text Made By Tenth Graders Of SMAN 2 Tarakan
Pengarang : Ria Ariani Amin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang terdapat pada descriptive text Bahasa Inggris yang ditulis oleh siswa kelas sepuluh MIA 4 di SMAN 2 Tarakan tahun akademik 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa. Peneliti menggunakan descriptive qualitative method. penelitian ini dilakukan pada hari Jum’at 18 September 2020 secara online. teknik pengumpulan data menggunakan test tertulis. Peneliti menganalisis tulisan siswa tentang kesalahan mereka dalam menulis descriptive text. Penelitian ini difokuskan pada pengklasifikasian kesalahan yang terdapat pada hasil tulis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 153 kesalahan yang ditemukan pada desccriptive text tulisan siswa, dianalisis berdasarkan Surface Strategy Taxonomy. Ditemukan 18 kesalahan penambahan dengan total 12%, 33 error dari penghilangan dengan total 21%, 101 error dari kesalahan pembentukan dengan total 66%, dan 1 kesalahan penempatan dengan total 1%. Error yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan pada peng-eja-an (spelling) yang diklasifikasikan kedalan jenis error kesalahan pembentukan (misformation) dengan 67 total error dari 153 total error. Kesimpulannya, peneliti menemukan 153 kesalahan yang terjadi dalam descriptive text buatan siswa kelas sepuluh MIA 4 dari SMAN 2 Tarakan.
This study was conducted to identify the types of errors in the students’ descriptive text. This is a descriptive qualitative study conducted in MIA 4 at SMAN 2 Tarakan in the 2020/2021 academic year. The subjects were 28 students. This research was conducted online on Friday 18 September 2020. The technique of data collection was a written test. It focused on classifying errors, based on the Surface Strategy Taxonomy. Based on the analysis, there were 153 errors, among of which are addition (18 errors or 12%), omission(33 or 21%), formation errors (101 or 66%), and placement errors (1 or 1%). The most common error is spelling errors, classified into misformation errors with 67 total error out of153 total errors. In conclusion, the researcher found 153 errors that occurred in a descriptive text made by the tenth grade students of MIA 4 from SMAN 2 Tarakan.