
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Question Student Have Kelas XI MIA 1 MAN Tarakan
Pengarang : Amrin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia dengan menerapkan model pembelajaran Question Student Have (QSH) pada siswa kelas XI MIA 1 Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pada tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan, dengan tahapan pada setiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, lembar penilaian (mengukur aspek sikap dan keterampilan) serta tes hasil belajar dan lembar kerja siswa (mengukur aspek pengetahuan). Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA 1 Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara klasikal nilai siswa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan pada ketiga aspek yang diukur yaitu aspek pengetahuan pada siklus I 15% dan siklus II mengalami peningkatan 79%. Pada aspek sikap persentase siswa yang memperoleh nilai dengan kategori minimal baik pada siklus I 44% dan siklus II mengalami peningkatan 90%. Sedangkan aspek keterampilan, persentase siswa yang memperoleh nilai dengan kategori minimal baik pada siklus I 72% dan siklus II mengalami peningkatan 95%. Nilai siswa secara klasikal yang diperoleh tersebut telah mencapai indikator ketuntasan 75%. Hasil pengamatan aktivitas guru mengajar siklus I 78,07% dengan kategori baik, siklus II 94,73% dengan kategori sangat baik dan hasil aktivitas siswa siklus I 75% dengan kategori baik, siklus II 85% berkategori sangat baik.
This study aimed to improve learning achievement on human respiratory system lessons by applying the Question Student Have (QSH) learning model to class XI MIA 1 students of the Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. This Classroom Action Research (CAR) consisted of two cycles. Each cycle consisted of two meetings, with stages in each cycle including planning, action, observation and reflection. The instruments used in this study were observation sheets of teacher and student activities, assessment sheets (measuring aspects of attitude and skills) and learning outcomes tests and student worksheets (measuring aspects of knowledge). The results showed that the Question Student Have (QSH) learning model could improve student learning outcomes in class XI MIA 1 of the Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. It was found that classically the student's score from the first to the second cycles increased in the three aspects measured. The knowledge aspect in the first cycle was 15% and in the second cycle was 79%. The aspect of attitude in the first cycle was 44% with a minimum good category and in the second cycle increased by 90%. Meanwhile, the skill aspect in the first cycle was 72 % with the minimum good category and in the second cycle increased by 95%. The classical student scores reached the 75% completeness indicator. The result of observation of teacher activities in the first cycle was 78.07% with a good category and in the second cycle was 94.73% with a very good category. The results of student activities in the first cycle was 75% with a good category and in the second cycle was 85% with a very good category.